Kenali 6 tanda dehidrasi ini sejak diniDehidrasi adalah gangguan kesehatan yang serius. Namun sayangnya banyak orang yang tidak terlalu menyadari akan hal ini. Jika Anda dehidrasi maka cairan tubuh akan terkuras habis yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan sistem di dalam tubuh.

Oleh karena itu kenali tanda dehidrasi ini sejak awal untuk mencegah gangguan kesehatan yang lebih parah.

Mulut kering
Ketika Anda dehidrasi, ada penurunan jumlah produksi air liur yang kemudian mampu menyebabkan mulut kering. Sehingga mulut kering menjadi tanda awal dari seseorang yang mengalami dehidrasi. Jika parah, kulit mulut pun bisa mengelupas dan muncul rasa panas seperti terbakar.

Otot kram
Otot kram dapat terjadi ketika Anda dehidrasi. Sebab cairan otot Anda berkurang sehingga mampu menimbulkan kram dan nyeri. Oleh karena itu konsumsi banyak cairan sehingga Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Lemas
Sering merasa pusing dan lemas juga bisa menjadi tanda-tanda dari dehidrasi. Sebab ketika cairan tubuh Anda berkurang maka otak pun kekurangan oksigen sehingga dapat menimbulkan pusing.

Palpitasi
Palpitasi atau jantung yang berdetak lebih cepat yang disertai dengan sesak napas merupakan tanda-tanda lain dari dehidrasi. Jika Anda mengalaminya, segera hentikan seluruh aktivitas Anda dan konsumsi banyak air.

Jumlah urin sedikit
Dehidrasi juga mampu mempengaruhi jumlah urin yang Anda keluarkan. Jika Anda kekurangan cairan tubuh, maka sistem pembuangan tidak berjalan dengan baik yang kemudian mampu mempengaruhi jumlah urin.

Susah berkeringat
Anda sering merasa sulit berkeringat padahal Anda melakukan banyak aktivitas? Hati-hati, sebab ini bisa menjadi salah satu tanda dehidrasi. Sebab ketika dehidrasi maka Anda kekurangan cairan tubuh yang bisa menjadi keringat.

Dehidrasi bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari diare, muntah, hingga diabetes. Oleh karena itu jaga kesehatan Anda agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

sumber Merdeka.comĀ