PT.SolidGoldSemarang~Kepercayaan manufaktur Jepang kuartal ke-4 menurun akibat resesi ekonomi mengimbangi dari pelemahan yen, menegaskan tantangan ekonomi yang sedang dihadapi Perdana Menteri Shinzo Abe pasca kemenangannya dalam pemilu.

Indeks Manufaktur Tankan Desember turun pada angka 12 dari 13 pada September lalu, menurut rilis data dari Bank of Japan pada hari ini yang lebih rendah dari rata-rata perkiraan dari survey Bloomber News oleh para ekonom yang menyatakan 13. Indeks tersebut Maret tahun depan diperkirakan turun pada angka 9.

Resesi ekonomi dan kemenangan pemilu telah memberikan tekanan kepada Abe dalam menegaskan komitmennya mereformasi ekonomi guna mendongkrak pertumbuhan telah meningkatkan spekulasi akan upayanya untuk memulihkan perekonomian terbesar ke-3 di dunia itu. Dibebani oleh hutang, pemerintah sedang memperhitungkan terhadap perusahaan-perusahaan guna menaikkan investasi dan upah untuk memicu pemulihan ekonomi.

Sementara itu, kepercayaan non-manufaktur naik pada angka 16 dari 13. Pada semua sektor industri, rencana perusahaan-perusahaan besar untuk mendorong belanja modal sebesar 8.9% pada tahun fiskal ini hingga Maret mendatang, dibandingkan dengan rencana-rencana yang menyatakan naik 8.6% dari survei September lalu.

Manufaktur skala besar berdasarkan pada rencana terhadap asumsi yen akan berada pada rata-rata 103.36 per dollar pada tahun fiskal saat ini. Survei Tankan dari 10,312 sektor bisnis telah dilakukan dari 12 November hingga 12 Desember lalu. (bgs)

Sumber : Bloomberg

baca Disclaimer