PT.SolidGoldSemarang~ Dolar mendulang gain mingguan pertamanya dalam sebulan terakhir akibat para investor fokus terkait prospek Federal Reserve yang akan menaikkan suku bunga ditengah bank sentral global menetapkan pelonggaran kebijakan.

Kemarin indeks acuan dolar mencatat level penutupan tertingginya dalam 3 pekan terakhir setelah para trader menaikkan spekulasi bahwa suku bunga pinjaman AS di tahun ini akan dinaikkan, meskipun beberapa petinggi The Fed mendesak untuk menunda hingga tahun 2016 mendatang. Diakhir pekan lalu acuan dolar menghantam level 1 bulan terendah setelah laporan pemerintah AS terkait data nonfarm payroll merosot tajam dari yang diperkirakan sebelumnya oleh para ekonom.

Pekan ini Indeks Spot Dolar Bloomberg telah mengalami kenaikan 1.5% dengan berada di level 1,200.92 pukul 10:32 pagi ini waktu Tokyo. Angka tersebut akan menjadi kenaikan mingguan pertamanya sejak 13 Maret kemarin.

Selama sepekan terakhir, dolar telah mengalami kenaikan sebesar 2.8% ke level $1.0673 per euro setelah bergerak naik pada hari ke-4 nya di hari Kamis kemarin . Sementara terhadap yen, dolar mendulang gain sebesar 1.3% ke level 120.49 yang tertinggi sejak 3 April lalu. (bgs)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer