Solid Gold Berjangka – PHK menjadi salah satu hal yang paling ditakuti oleh setiap karyawan. Apalagi jika Anda tidak memiliki cukup tabungan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama beberapa bulan ke depan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan setelah Anda di-PHK, sehingga Anda bisa merasa lebih tenang dan aman.

1. Jangan panik!

Hampir mustahil untuk tidak panik, ketika Anda tiba-tiba menerima surat pemberhentian kerja. Namun, panik tidak akan membantu Anda menemukan solusi untuk masalah Anda. Sikapi hal itu dengan kepala dingin.

2. Pikirkan langkah selanjutnya

Alih-alih terfokus pada hal-hal negatif dari kasus pemecatan itu, pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan lain. Anda bisa menghubungi kawan lama untuk meminta informasi terkait lowongan kerja yang masih terbuka di perusahaan mereka atau mencoba membuka usaha kecil-kecilan, sementara Anda berusaha mencari pekerjaan yang baru.

3. Lepaskan ego Anda!

Anda mungkin tidak bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang mirip pekerjaan lama Anda, baik itu dalam hal pendapatan ataupun kenyamanan dalam bekerja. Dalam hal ini, Anda harus belajar menekan ego Anda karena Anda tidak bisa membuang kesempatan itu begitu saja.

4. Jelajahi peluang lain

Mengeksplorasi peluang lain seperti apakah Anda dapat mengubah hobi menjadi sumber penghasilan. Jika Anda adalah seorang fotografer amatir, Anda dapat menemukan cara untuk menjual gambar Anda. Jika Anda adalah seorang pecinta hewan, Anda bisa mempelajari cara berternak kucing, anjing, dan jenis hewan lainnya.

5. Jadi bos untuk diri sendiri!

Ini bukan pilihan yang mudah, namun bukan tidak mungkin untuk melakukannya. Ada begitu banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika Anda menjadi bos sendiri, Anda bisa mengatur usaha Anda sendiri dan menghabiskan seluruh waktu Anda dengan sesuatu yang Anda sukai.

PHK tentu bukan akhir dari segalanya. Anggap saja, surat pemecatan yang Anda terima sebagai tanda untuk memulai sesuatu yang baru. Yang penting adalah fokuskan pikiran Anda pada sesuatu yang positif dan teruslah melihat ke depan.