PT.SolidGoldSemarang~Saham Eropa jatuh setelah gejolak dalam ekuitas China sehingga menghidupkan kembali sentiment bahwa perlambatan ekonomi China akan menghambat pemulihan global.

Dalam perdagangan hari pertama tahun ini, Indeks Stoxx Europe 600 turun sebanyak 1,8% pada 08:05 pagi di London, dengan produsen mobil dan saham pertambangan memimpin penurunan. Indeks CSI 300 China anjlok 7%.

Gejolak tersebut datang setelah saham Eropa menyelesaikan kenaikan tahunan beruntun keempat, dengan Stoxx 600 naik 6,8% untuk mengalahkan ekuitas global dan Indeks Standard & Poor 500. Investor, merupakan opsi pedagang serta strategi sama seperti bullish pada saham Eropa, mengirimkan uang untuk melacak dana mereka serta spekulasi pada lonjakan 13% pada Indeks pada tahun 2016 di tengah stimulus ECB.

Continental AG turun 2,9%. penjualan Tiremaker mungkin menurun karena skandal emisi pada pelanggan Volkswagen AG tahun lalu, ungkap CEO-nya kepada surat kabar Jerman Boersen-Zeitung. Daimler AG turun 3,5% setelah direktur keuangannya mengatakan tidak akan spin off pada Unit komersial kendaraan, menurut Boerse-Online.

Shire Plc turun 3,5 % seiring analis mengatakan produsen obat tersebut sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk memperoleh Baxalta Inc untuk sekitar $ 32 miliar.(yds)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer