Kerapatan Layar LG G3 Mencapai 538 Piksel

Jakarta – Selasa sore, 27 Mei 2014, waktu London, Inggris, LG resmi memperkenalkan ponsel pintar andalannya LG G3 dengan bentang layar 5,3 inci. Inilah ponsel LG yang disebut-sebut sebagai paling dahsyat. Fitur paling ditonjolkan dari ponsel ini adalah teknologi layar yang dipakainya.

Bayangkan, layar sebuah ponsel, tak lebih dari 5,3 inci, dapat menyeburkan reolusi 2.560 x 1440 piksel dengan kerapatan 538 piksel yang membuat mata takjub. Resolusi layar itu sama dengan resolusi yang diadopsi oleh iMac dengan luas layar 27 inci.
LG G3 bukanlah ponsel pintar pertama yang mengusung resolusi layar setinggi itu. Tapi, inilah ponsel pintar mainstream pertama dengan resolusi sebesar itu. LG menyebut teknologi layar itu sebagai Quad High Definiton (QHD). LG mengklaim QHD empat kali lebih tajam dan jernih dibandingkan Full HD.
Menurut LG, layar G3 ini sama jernihnya dengan standar yang digunakan oleh media cetak. Artinya, membaca majalah cetak dengan membaca majalah digital di ponsel ini tak ada bedanya.
Menurut situs teknologi The Verge, layarnya sudah menggunakan teknologi in-plane switch (IPS) yang menghasilkan gambar lebih hidup dan terang. Memutar video 4K, melihat foto HD, dan menjalankan berbagai aplikasi terlihat sangat nyata.
LG awalnya berniat menyebut layar G3 sebagai 4K, tapi kenyataannya belum. Jadi, vendor asal Korea Selatan ini menyebut teknologi layarnya sebagai Quad HD. Apa pun namanya, melihat kerapatan piksel yang diusungnya yang mencapai 538 piksel sungguh dahsyat.
Bandingkan dengan kerapatan piksel yang diusung produk Apple. iPhone 5S, misalnya, layar yang disebut-sebut memiliki teknologi retina display kerapatan pikselnya hanya 326 piksel per inci.

sumber TEMPO