Solid Gold Berjangka- Oprah Winfrey bukan hanya terkenal sebagai jurnalis dan pembawa acara; lebih dari itu, ia adalah seorang pebisnis sukses yang juga tak melupakan kewajibannya di tanah leluhurnya Afrika: mendirikan sekolah gratis serta membagikan berbagai sumbangan untuk proyek sosial di Afrika. Hidupnya sendiri merupakan motivasi bisnis dan hidup yang tak berkesudahan. Semua hal tersebut sangat jelas tergambar dalam acara-acaranya, salah satunya yang paling menonjol adalah Life Lesson.

Life Lesson merupakan salah satu bagian dari acara rutin Oprah Winfrey Show yang ditayangkan di tahun-tahun terakhir menjelang musim terakhir acara bincang-bincang televisi favorit keluarga Amerika dan dunia itu. Seri Life Lesson merupakan kumpulan sesi khusus dimana Oprah memutar ulang rekaman-rekaman acara favoritnya, termasuk para tamu yang pernah membawa kesan tersendiri baik baginya maupun penontonnya. Apa pelajaran yang bisa dipetik dari Life Lesson? Oprah merangkumnya dalam satu kalimat: banyak hal yang bisa dipelajari dari berbagai peristiwa.

Pelajaran dari Kesuksesan dan Kegagalan

Walaupun tak secara khusus membahas soal bisnis, seri Life Lesson Oprah Winfrey merupakan sumber motivasi bisnis dan hidup yang patut diteladani. Oprah tidak hanya mengambil materi Life Lesson dari peristiwa-peristiwa yang mengharukan atau membahagiakan, namun juga peristiwa tragis. Malah, Oprah banyak menaruh perhatian pada peristiwa tragis yang dipenuhi kisah kegagalan, menyalahkan diri sendiri dan keputusasaan, sebab mereka yang pernah melalui semua hal tersebut pada akhirnya berkembang menjadi pribadi yang kuat.

Oprah pernah mengundang seorang ibu yang kehilangan anaknya yang masih kecil, yang tewas karena tak sengaja ditembak temannya. Ia juga pernah mengundang penderita anorexia yang akhirnya meninggal dunia beberapa tahun setelah melakukan wawancara dengannya. Ia juga pernah mengundang orang yang dipenjara  atas tuduhan pembunuhan sejak usia 15 tahun, hingga 19 tahun kemudian padahal dirinya tak bersalah.

Di sisi lain, Oprah juga pernah mengundang seorang mantan budak kulit hitam yang akhirnya belajar membaca di usia 99 tahun dan akhirnya bisa membaca saat usianya 100 tahun. Semua tamu ini memberikan kesan mendalam dan mampu mengajarkan banyak hal, baik yang bisa diteladani dalam sebagai motivasi bisnis maupun kehidupan. Oprah juga pernah mengenang satu episode dimana ia memberi kejutan pada para staf dan krunya dengan mengajak mereka dan keluarga masing-masing pergi ke Hawaii. Di akhir video, Oprah akan menyampaikan apa yang dipelajarinya dari semua peristiwa tersebut.

Pelajaran-pelajaran tersebut antara lain:

  • Tidak ada kata terlambat untuk mulai mewujudkan cita-citamu, karena jika kelak kau mati, kau akan mati tanpa menyesal.
  • Berbuat baik pada orang lain dan bertindak penuh etika secara alami akan ikut membuatmu merasa berbahagia juga.
  • Kesedihan dan perasaan gagal perlahan akan hilang, dan saat momen itu tiba, bukalah diri untuk menyambut perubahan dan memulai lagi dari awal.
  • Pelajaran dapat diambil dari mana saja, dan dari sumber yang tak terduga. Satu usaha kecil untuk memahami menimbulkan perubahan besar.

Semua pelajaran hidup dalam Life Lesson telah dibagikan di dunia maya, dikutip sebagai bahan motivasi bisnis dan kehidupan, dan ditayangkan ribuan kali di seluruh dunia bahkan setelah acara Oprah Winfrey Show itu sendiri berakhir. Kini, yang ditinggalkan Oprah dari acaranya adalah kenangan akan betapa banyak pelajaran hidup yang bisa diambil, jika Anda mau membuka diri untuk melihat pelajaran di balik setiap peristiwa. -Solid Gold Berjangka.