Makan roti tawar putih bikin cepat gemuk?

Merdeka.com – Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya perhatikan konsumsi roti tawar putih Anda setiap hari. Jika Anda mengonsumsi roti tawar putih setiap hari berkemungkinan besar Anda justru berisiko bertambah berat badan atau mengalami obesitas.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa mengonsumsi roti tawar putih membuat orang lebih berkemungkinan gemuk dan obesitas dibandingkan jika mereka mengonsumsi roti gandum. Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati kebiasaan makan dan berat badan 9.200 orang Spanyol selama lima tahun.

Meski begitu, uniknya partisipan yang mengonsumsi roti tawar putih dan roti gandum tak mengalami risiko kenaikan berat badan yang lebih tinggi. Sementara partisipan yang hanya mengonsumsi roti tawar putih saja berkemungkinan 40 persen lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan atau obesitas dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi kurang dari satu porsi roti tawar putih sekali seminggu.

Peneliti juga tak menemukan adanya kaitan antara mengonsumsi roti gandum dengan kenaikan berat badan atau risiko obesitas. Dengan kata lain, mengonsumsi roti gandum ditengarai tak menurunkan berat badan. Hal ini kemungkinan besar berkaitan dengan jenis karbohidrat, serat, dan komposisi lain yang ada pada roti gandum dan roti tawar putih, ungkap peneliti Miguel Martinez-Gonzalez dari University of Navarra di Spanyol.

“Mengonsumsi roti tawar putih dua porsi sehari bisa meningkatkan risiko kelebihan berat badan atau obesitas,” ungkap peneliti, seperti dilansir oleh Web MD (30/05).

Penelitian ini akan dipresentasikan pada European Conress on Obesity di Bulgaria. Penelitian ini tak menunjukkan kaitan sebab-akibat yang jelas, namun hanya kaitan antara konsumsi roti tawar putih dengan kecenderungan untuk kelebihan berat badan dan mengalami obesitas.