PT SOLID GOLD BERJANGKA – Apa saja manfaat 1 kWh?

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Pernah bayangin gak, hidup di masa sekarang tanpa listrik? Kaga bisa charge smartphone, ga main Dota, Emak masak nasi pake tungku, gak bisa trading, gak bisa mantau harga, Dan keluhan lain-lainnya…

Repot ya bayanginnya aja. Karna selama ini masyarakat udah terlalu nyaman dan manja pake energi listrik buat kehidupan sehari-harinya, kadang bagi sebagian orang masih tega untuk buang-buang listrik secara cuma-cuma.
Misalnya :

“Kamu di rumah sendirian, nyalain TV, terus Agan juga nyalain laptop. Fokusnya malah jadi ke laptop dan TV nyala tanpa ditonton. Bahasa emak-emak kalo ngomelnya sih ‘Kenapa jadi TV yang nonton lu, tong!’.

Nah, coba Agan bayangin seberapa banyak energi listrik yang kita pake ketika nonton TV selama 8 jam?

Banyak?
Pemborosan?
Yakin, nih?

Banyak dari kita yang tidak mengetahui begitu besar manfaat dari 1 kwh listrik yang kita gunakan gan. Lantas apa itu yang dimaksud dengan 1 kwh dan apa manfaatnya bagi kehidupan kita? Mari simak video berikut ini

Faktanya Agan cuma pake 1 kWh aja. Eh, apa? 1 apa? 1 kWh?

Yup, kilo Watt hour, yang berarti pemanfaatan energi listrik sebesar 1000 Watt dalam waktu 1 jam. Di mana kWh itu dipakai untuk mengukur penggunaan listrik yang kita pake sehari-hari.

Sebagai gambaran, energi 1 kWh bisa dipake buat:

1. Nyalain 100 lampu LED 10 Watt selama 1 jam
2. Nyalain kulkas dua pintu 120 Watt selama 1 jam
3. Nyalain 10 TV LCD 100 Watt selama 1 jam
4. Masak nasi pake rice cooker 100 Watt selama 1 jam
5. Nyalain setrika 250 Watt selama 4 jam

Nah, terus harga 1 kWh tuh berapaan?
Jawabannya tergantung daya yang rumah Kamu pakai. Rincian kasarnya begini nih,

Daya 450 Watt, harga 1kWh hanya 415 rupiah.
Daya 900 Watt, harga 1kWh hanya 605 rupiah.
Daya 1300 Watt, harga 1kWh hanya 1.090 rupiah.

Bisa dipahami? Tarif listrik per 1 kWh rata-rata di bawah Rp 1.500 dan dengan biaya segitu kita udah bisa pake buat menopang kehidupan sehari-hari.

Loh? Murah dong jadinya! Nggak perlu takut pemborosan kalo gitu.
Nggak, sih… Nggak gitu.

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

1 kWh itu satuan yang dipakai perusahaan listrik di negara kita, jadi yang murah itu harga yang kita bayar ke perusahan listrik tersebut. Beda lagi kalo listriknya pakai genset. Selain itu sekarang ada subsidi untuk listrik sendiri dari pemerintah, jadi biaya yang kita bayar lebih murah.

Tapi kenyataannya, untuk menghasilkan 1 kWh sebenernya biaya yang dibutuhin jauh lebih besar. Karna mengubah energi alam jadi energi listrik itu nggak mudah. Kita punya PLTD, PLTU, dan PLTA yang bergerak memproduksi listrik untuk negara kita. PLTD misalnya, karna prosesnya pake solar, otomatis produksinya pun ngikutin harga solar yang makin naik dan langka. PLTU dengan energi batu bara yang suatu hari bisa habis. Bahkan, produksi dengan potensi energi yang akan selalu ada kayak air dan angin pun ada halangannya, mulai dari perijinan dan pembebasan lahan. Jadi masih agak susah diterapin.

Dengan proses produksi yang nggak mudah, kita masyarakat taunya listrik harus nyala terus dan asal-asalan dalam penggunaannya. Rasanya jadi timpang, kan?

Nah sekarang coba Agan bandingin sama pengeluaran lain yang biasa kita lakuin setiap harinya. Misal ya,
Harga 1 bungkus mie instan = harga 1 kWh
Harga 1 tiket bioskop pas weekend = harga 30+ kWh
Harga 1 cangkir kopi di cafe kekinian = 20+ kWh
Harga paket internet = 50++ kWh

Dan masih banyak lagi. Ternyata bagi sebagian orang biaya gaya hidup lebih besar daripada biaya konsumsi listrik. Hmm… padahal tanpa listrik, pasti hidup jauh lebih ribet daripada tanpa paket internet. Eh, iya nggak?

Ternyata dengan harga yang terjangkau, banyak manfaat yang diperoleh dari energi listrik 1 kWh jika dibandingkan pengeluaran gaya-gaya hidup yang lain. Selain itu, manfaatnya sangat mempermudah kegiatan kita sehari-hari. Ngaku deh, Agan pasti panik kalo listrik mati, kan? Setiap orang pasti ngerasain itu. Karna selama ini listrik udah jadi bagian dari hidup kita. Tapi, beberapa orang masih nggak bijak manfaatin listrik setiap harinya.

Nah, hemat listrik itu perlu. Meski harganya murah, tapi energi alam suatu saat mungkin akan habis. Jadi, listrik itu termasuk barang mewah, Gan. Gunakan dengan benar dan mari berhemat!
PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

SUMBER