Mayoritas saham Asia menguat setelah saham AS menguat ke rekornya dikarenakan hasil pemilu dan data ekonomi menambah optimisme yang merupakan ekonomi terbesar di dunia tersebut dan mata uang yen jatuh ke level terendah tujuh tahun terhadap dolar.

Sekitar dua saham naik untuk setiap satu yang jatuh pada Indeks MSCI Asia Pacific, yang sedikit berubah di level 141 pada 09:02 pagi di Tokyo, sebelum pasar saham Hong Kong dan China dibuka. Indeks Standard & Poor 500 dan Dow Jones Industrial Average menyentuh level tertinggi sepanjang masanya kemarin karena Partai Republik memenangkan kendali Senat dan rebound pada harga minyak memicu kenaikan pada saham energi. Indeks Topix Jepang naik untuk hari keenam karena saham Toyota Motor Corp melonjak setelah meningkatkan perkiraan.

Perusahaan di AS menambahkan sebanyak 230.000 pekerja untuk gaji bulan Oktober, angka ADP Research Institute menunjukkan, mengalahkan perkiraan ekonom yaitu sebanyak 220.000 dan naik dari dari revisi 225.000 pada bulan September. Jelang data resmi pemerintah besok yang diperkirakan akan menunjukkan payrolls swasta meningkat sebesar 223.000 bulan lalu. Tingkat pengangguran mungkin beraada di posisi terendah enam tahun yaitu 5,9%.(yds)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer