SOLID GOLD BERJANTGKA – Untuk mengatur keuangan anda dan menjamin ‘keamanan’ finansial anda dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diingini di masa depan, anda bisa mencoba menginvestasikannya di pasar valas. Pasar valas adalah sarana transaksi atau perdagangan pasangan mata uang atau pair mata uang yang mencakup pasar uang dunia secara berkesinambungan selama 24 jam. Investasi di pasar valas sebagai alternatif dalam mengatur perencanaan finansial anda.

Pasar valas biasanya dimanfaatkan oleh pemerintah atau perusahaan besar sebagai strategi mencukupi kebutuhan dananya. Namun pesatnya perkembangan di sektor ini, investor individu bisa menikmati investasi di pasar valas, yang sering disebut investasi forex. Mengatur kelebihan dana baik itu individu atau perusahaan memerlukan strategi investasi yang jitu dan tepat sasaran. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penimbunan kas yang tidak produktif, apalagi jika dana tersebut disimpan dalam tabungan atau deposito bank.

Namun sebelum mengatur perencanaan finansial anda di pasar valuta, sebaiknya anda mengetahui siapa saja pelaku atau pemain yang bisa berkecimpung di pasar tersebut.

1. Dealer

Dealer atau market maker sebagai pihak yang berfungsi membuat pasar valas menjadi bergairah. Pihak bank umumnya sering bertindak sebagai dealer, namun ada juga lembaga non bank yang khusus menetapkan tingkat persediaan mata uang tertentu. Mereka memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan beli valas.

2. Perorangan atau perusahaan

Individu atau perusahaan yang ingin mengatur perencanaan finansial mereka dapat juga melakukan transaksi perdagangan mata uang.Pihak dalam kelompok ini seperti investor internasional, eksportir, importir, perusahaan multinasional dan sebagainya.

3. Spekulan

Berbeda dari dealer, spekulan bertindak atas kemauan mereka sendiri tetapi tidak mempunyai kewajiban melayani konsumen serta tidak memiliki andil dalam menjamin kelangsungan pasar mata uang. Mereka mendapatkan keuntungan dari fluktuasi atau perubahan harga umum (gain).

4. Pialang

Fungsi pialang sebagai perantara yang mempertemukan permintaan dan penawaran terhadap mata uang yang diinginkan konsumen. Pialang dapat berhubungan langsung dengan bank dan dealer di seluruh dunia. Pialang berperan penting sebagai sarana atau tempat memulai investasi dan pialang juga berperan memberikan penjelasan kepada calon investor sebelum melakukan penyetoran dana. Calon investor yang ingin mengelola perencanaan finansial dananya sebaiknya menghubungi kantor-kantor pialang.

 

Peserta atau pihak lainnya yang ikut andil dalam menetapkan transaksi valuta asing adalah pasar antar bank.

1. Bank Sentral

Bank sentral berperan sebagai stabilitator terhadap nilai valuta asing lokal. Peran lembaga ini adalah membelanjakan atau mendapatkan cadangan valuta asing agar mempengaruhi stabilitas nilai tukar mata uang dengan tujuan memberi dampak positif bagi perekonomian nasional. Bank sentral mengatur seluruh uang yang beredar dalam perekonomian negara dengan menentukan suku bunga dan mengelola cadangan devisa.

2. Bank Komersial

Sebagai penyedia likuiditas ke pasar valuta asing dari akibat volume perdagangan yang Bank Komersial tangan setiap hari. Perdagangan pertukaran mata uang asing tersebut mewakili kebutuhan pelanggan, sementara beberapa perdagangan lainnya dilakukan oleh divisi perdagangan atas nama kepentingan bank yang bersifat spekulatif.

3. Lembaga Keuangan

Mencakup dana investasi, manajer uang, perusahaan pialang dan dana pensiun melakukan transaksi perdagangan mata uang asing  sebagai kewajiban mereka. Selain itu mereka berperan dalam membantu melakukan perencanaan finansial calon investor dengan mencari peluang investasi yang terbaik.

 

Penting bagi investor untuk memahami pasar valas dan pelaku atau pemain yang berpengaruh di dalam pasar tersebut. Pihak-pihak yang bermain di pasar valas ada yang bertindak sebagai pihak yang memiliki andil dalam menetapkan nilai tukar mata uang, sehingga mempengaruhi dan menimbulkan risiko terhadap dana anda jika tidak dikelola dengan baik.