SOLID GOLD BERJANGKA – Langkah-langkah yang efisien dan kreatif serta berkesinambungan diperlukan dalam upaya perusahaan untuk mencapai target atau sasaran pasar yang terbaik guna memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal yang kesemuaaanya terangkum dalam strategi dan rencana pemasaran. Strategi yang disusun oleh bagian pemasaran merupakan hal penting yang harus mendapat perhatian maksimal. Tidak hanya manajemen pemasaran saja, namun seluruh pihak yang terkait dalam pengembangan bisnis harus turut serta memberi sumbangsih di dalamnya. Pihak yang terkait dalam perusahaan sebagai pemberi masukan terhadap strategi marketing yang direncanakan.

 

Perlunya strategi marketing yang efektif

Guna terciptanya strategi yang baik, khususnya dalam hal pemasaran, pelaku usaha harus menyusun cara yang efektif. Hal tersebut dimaksudkan agar konsumen atau pelanggan yang telah kita dapatkan tidak berpindah tempat ke produk lain sehingga daya saing terhadap perusahaan lain tidak menurun. Dengan membuat strategi yang baik maka proses pemasaran dapat berjalan dengan stabil dan terkontrol, tidak monoton dan tetap dinamis walaupun hanya menggunakan satu tehnik pemasaran saja.

Strategi marketing dalam perusahaan harus benar-benar teruji, jangan sampai tidak sejalan dengan tujuan yang diharapkan yang dapa mengakibatkan kerugian besar. Tanpa adanya tehnik pemasaran yang teruji, maka bisa saja proses marketing akan menurun dan terhambat kinerjanya. Menghadapi dunia bisnis tidak terlepas dari kompetitor yang terus bersaing di luar sana. Produk-produk yang diciptakan para pesaing bisa saja lebih bermutu dan lebih laris di pasaran. Oleh karenanya pelaku usaha perlu menciptakan strategi baru yang mungkin berbeda dari pesaingnya agar tidak tenggelam dalam dunia persaiangan.

 

Promosi sebagai Proses Pemasaran

Pertanyaan yang kemudian muncul, yaitu bagaimana cara menyusun strategi pemasaran yang baik dan efektif yang bisa diterapkan dalam perusahaan agar produk kita tetap bertahan di pasaran. Upaya dalam mempertahankan proses marketing dinilai perlu dikembangkan. Seperti strategi marketing dalam hal promosi. Pemasaran memang erat kaitannya dengan promosi, namun  bagaimana mengatur strategi di dalamnya khususnya bagi perusahaan yang baru menggelar tikar.

Promosi sebagai upaya dalam memperkenalkan jenis produk yang kita hasilkan baik berupa barang atau jasa terhadap para konsumen sebagai bagian dari strategi yang telah disusun. Melakukan kegiatan promosi tanpa mengenal tempat dan waktu, terlebih dalam momen-momen tertentu. Karenanya marketer harus memiliki jaringan yang luas atau banyak kenalan karena mungkin saja informasi dari mulut kemulut bisa membantu jalannya strategi marketing. Pentingnya promosi sebagai bentuk penyampaian informasi kepada masyarakat, baik yang belum tahu sama sekali menjadi tahu atau menambah keingintahuan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan.

 

Memahami Situasi dan Peluang Pemasaran

Melakukan cara-cara pemasaran yang kreatif dengan tetap memahami kondisi dan situasi yang memungkinkan sehingga menjadi peluang dalam membantu kinerja pemasaran. Promosi memang membutuhkan modal dan usaha, namun bisa saja tanpa mengeluarkan modal yang banyak informasi produk juga bisa tersebar ke masyarakat. Kreatifitas melakukan promosi penting agar orang tak merasa bosan walaupun dilakukan sesering mungkin. Dari hal terkecil seperti membawa selalu brosur produk anda yang dapat dibagikan kepada orang-orang yang dijumpai, menempel di tempat yang sering dikunjungi. Cara yang lebih sederhana juga bisa dilakukan dengan membuat status di jejaring sosial atau membuat situs periklanan di media internet.

Ada banyak upaya kreatif yang bisa kita lakukan sebagai strategi marketing produk, khususnya untuk perusahaan besar tentu hal ini tidak terlalu sulit mengingat banyaknya sumber daya yang terkumpul dalam perusahaan tersebut yang bisa mendatangkan ide-ide kreatif sehingga menciptakan promosi yang efektif.