SOLID GOLD BERJANGKA –¬†Mobil merupakan kebutuhan yang besar bagi banyak orang terutama di kota, sehingga tidak mengherankan jika jumlah pemilik mobil di kota besar terus bertambah. Akan tetapi, kebutuhan akan mobil juga membuat bisnis penyewaan mobil bertambah jumlahnya, sehingga Anda bisa meraih peluang dari sini. Bisnis penyewaan mobil membutuhkan modal besar, sehingga perencanaan dan pengelolaannya harus dilakukan dengan hati-hati. Berikut beberapa tips bisnis untuk memastikan bisnis penyewaan mobil Anda berjalan dengan lancar.

 

Periksa Kebutuhan Kendaraan di Lokasi Anda

Mobil memang diperlukan di berbagai lokasi terutama kota besar, namun lokasi tertentu bisa jadi memerlukan mobil untuk keperluan tertentu yang berbeda dibandingkan dengan lokasi lainnya. sebagai contoh, di kota pelajar seperti Yogyakarta dan Surabaya atau kota yang aktif seperti Jakarta, jasa penyewaan mobil untuk pindahan biasanya cukup laris. Untuk kota-kota bisnis dengan berbagai perusahaan besar dan asing, penyewaan mobil kota untuk transportasi bisnis cukup banyak. Hal ini sejalan dengan tips bisnis yang lazim dianjurkan, yakni: menganalisa permintaan (demand) dan penawaran (supply).

Untuk kota atau propinsi wisata seperti Bali, yang paling banyak adalah penyewaan mobil yang ditujukan untuk wisatawan. Pilihan jenis penyewaan mobil yang berbeda macam ini berkaitan langsung dengan jenis aktvfitas atau kesibukan mayoritas dari penghuni sebuah wilayah, jadi Anda harus memahami dengan baik kebutuhan akan mobil. Mana yang lebih banyak di wilayah Anda: kebutuhan akan mobil untuk pekerjaan, untuk angkutan praktis atau untuk wisata?

 

Tentukan Jenis Mobil yang Pas

Tips bisnis penyewaan mobil yang kedua adalah melakukan seleksi armada secara tepat. Jika Anda sudah menentukan kebutuhan utama untuk bisnis penyewaan mobil di lokasi Anda, barulah Anda bisa memikirkan jenis mobil apa yang akan disewakan. Anda bisa menyewakan mobil yang cocok untuk keperluan tertentu atau untuk semua keperluan angkutan. Akan tetapi, jenis mobil yang disewakan biasanya sudah cukup memadai untuk menjelaskan pada calon konsumen tentang apa tujuan utama penyewaan mobil Anda.

Beberapa contoh mobil yang kerap disewakan ini adalah:

  • Mobil untuk pengangkut barang perusahaan atau untuk pindahan, biasanya merupakan mobil angkut seperti APV atau pick up.
  • Mobil untuk tujuan bisnis dan pekerjaan, misalnya disewa oleh pemilik perusahaan, ekspatriat, karyawan atau pebisnis untuk keperluan kerja. Biasanya berupa mobil kota dengan tahun yang cukup baru agar lebih representatif terutama jika disewa oleh pebisnis tingkatan eksekutif.
  • Mobil untuk tujuan wisata dan pribadi, biasanya memiliki jenis antara mobil kota atau mobil penumpang (MPV) yang kapasitasnya antara 6-7 orang. Mobil jenis ini juga cukup sering disewakan untuk berbagai keperluan yang sifatnya mengangkut orang.

Dengan mengetahui jenis-jenis mobil yang biasa disewakan dan apa kebutuhan penyewaan mobil di wilayah Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjaring pelanggan.

 

Tips Bisnis Tambahan

Selain jenis mobilnya, sebaiknya Anda juga memerhatikan faktor-faktor lain yang menentukan keberhasilan usaha penyewaan mobil Anda. Berikut beberapa tips bisnis tambahan dalam hal menyewakan mobil jenis apapun juga:

  • Usahakan mobil Anda dipilih dari yang tahunnya tak terlalu lama, terutama untuk mobil yang disewakan untuk keperluan pribadi atau kerja. Walau penampilannya mungkin masih bagus, penyewa yang teliti biasanya akan menanyakan tahun kendaraan tersebut. Misalnya, untuk tahun 2014, paling tidak mobil yang Anda sewakan harus berasal dari tahun 2010 ke atas untuk mobil kota atau mobil penumpang.
  • Untuk mobil pindahan atau angkutan yang sifatnya dalam kota dan/atau yang bertarif murah bisa menggunakan kendaraan pick up atau angkutan lain yang usianya lebih lama, tetapi tetap sebaiknya tak lebih dari 6 tahun. Selain itu, jangan biarkan mobil terlihat kumuh atau reyot.

Dengan menerapkan tips bisnis di atas dan dengan usaha yang direncanakan dengan metang, Anda akan bisa melayani kebutuhan angkutan dalam kota dan meraih untung lumayan.