Bursa saham Jepang dibuka turun dari 11 minggu tertinggi karena yen pertahankan keuntungan dan pendapatan dari perusahaan teknologi dari Sony Corp. hingga Alphabet Inc. menghentikan reli yang terjadi dalam ekuitas di Tokyo dan New York.

Indeks Topix turun 0,7 persen menjadi 1,383.47 pada pukul 09:09 pagi di Tokyo, jatuh untuk pertama kalinya dalam empat hari dan menuju kenaikan mingguan sebesar 1,5 persen. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,9 persen menjadi 17,216.07. Yen diperdagangkan di 109,29 per dolar setelah menguat 0,4 persen pada hari Kamis, yang merupakan kenaikan pertama sejak pekan lalu. Melambatnya permintaan global untuk smartphone telah membuat lekukan besar dari perkiraan pertumbuhan laba tahunan Sony Corp., sementara di AS induk dari Google Alphabet dan Microsoft Corp melaporkan laba yang meleset dari perkiraan analis setelah penutupan perdagangan.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir 0,1 persen setelah indeks yang mendasari turun 0,5 persen pada hari Kamis, yang terbesar dalam dua minggu, dari empat bulan tertinggi. Laba negatif dari Verizon Communications Inc. dan lain-lain dibayangi oleh keuntungan di perusahaan yang mengalahkan ekspektasi. Alphabet meleset perkiraan terhadap lemahnya pertumbuhan iklan di internet, sedangkan laba Microsoft turun tipis karena tarif pajak yang lebih tinggi dan turunnya pasar untuk komputer pribadi.(frk)

Sumber: Bloomberg