Solid Gold Berjangka- Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, tentu manusia dewasa harus bekerja demi mendapatkan penghasilan, nah, ada dua cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan penghasilan, yang pertama adalah bekerja di sebuah perusahaan, dan yang kedua adalah terjun dalam bisnis atau membangun perusahaan sendiri. Para “pemain aman” cenderung untuk menjadi pekerja, karena dengan begitu mereka bisa mendapatkan keamanan finansial dan berbagai jaminan lain, seperti gaji tetap bulanan, uang lembur, uang pensiun, tunjangan kesehatan, tunjangan anak, dan sebagainya. Sebaliknya, orang-orang yang lebih suka mengambil resiko mempunyai motivasi bisnis demi kebebasan finansial, kebebasan waktu, dan kepuasan untuk terjun sebagai wirausahawan.

Menjadi pebisnis artinya Anda menjadi pimpinan bagi diri Anda sendiri yang memang terlihat menyenangkan; tetapi dibutuhkan komitmen, dedikasi, dan tekad yang besar untuk melaksanakan tanggung jawab, terutama jika perusahaan yang  Anda rintis bermodal dana dari  para investor yang tentunya ingin mendapat keuntungan dari investasi yang mereka percayakan kepada Anda. Menjadi bos memang bukanlah hadiah melainkan sebuah pilihan, jika Anda memilih untuk bekerja keras dan berusaha sebaik mungkin demi komitmen memajukan bisnis yang Anda bangun.

Segala sesuatu memang terasa sulit dan berat di awal, tetapi jika Anda terus “berlari” hingga garis finish maka semua jerih payah Anda akan terbayar. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjadi pengusaha yang dapat Anda jadikan sebagai motivasi bisnis untuk menjadi wirausahawan.

  • Fleksibilitas waktu

Menjadi pengusaha adalah kesempatan untuk membagi kehidupan pribadi dan pekerjaan. Di perusahaan yang Anda bangun, Anda tidak harus memenuhi jam kerja dari jam 8 hingga jam 4 sebagaimana tuntutan para karyawan kantor. Tetapi ingat, bahwa hal ini baru bisa tercapai jika bisnis Anda telah berkembang. Di awal merintis usaha, Anda harus mau menginvestasikan segalanya, termasuk waktu untuk membangun bisnis Anda. Maksimalkan waktu Anda sekarang untuk bekerja keras demi bisa bersenang-senang jika usaha Anda telah mencapai kesuksesan.

  • Kebebasan finansial

Uang memang bukan segalanya, tetapi kehidupan kita tentu akan lebih bahagia jika mempunyai banyak uang untuk membangun rumah idaman, membeli kendaraan impian, menunjang pendidikan buah hati hingga setinggi mungkin, atau berlibur ke luar negeri setiap tahun. Nah, kebebasan finansial adalah salah satu motivasi bisnis yang paling sering  diutamakan oleh orang-orang yang memutuskan untuk terjun ke bidang wirausaha, karena berbisnis adalah salah satu peluang untuk mendapatkan penghasilan tanpa batas.

  • Memaksimalkan potensi diri secara utuh

Beberapa orang yang bekerja sebagai karyawan kadang kala mengalami frustrasi saat potensi mereka tidak mendapat tempat yang cukup pada tempat mereka bekerja, karena berbagai kendala, misalnya konflik kepentingan dengan atasan  atau hal yang lain. Hal ini bisa menurunkan semangat kerja sehingga ia pun menjadi pasif  dan tidak bernafsu lagi untuk mengejar karier atau posisi. Hal ini tentu berbeda jika perusahaan itu adalah milik kita sendiri.

Terjun dalam bisnis milik kita sendiri akan mendatangkan kepuasan yang dapat menjadi salah satu motivasi bisnis karena kita dapat memaksimalkan potensi diri sebebas-bebasnya, sehingga membangun bisnis bagaikan taman bermain yang menyenangkan bagi Anda. Kepuasan memenangkan tender, mendapatkan klien yang potensial, membuka pasar baru, dan sebagainya adalah hal yang bagi sebagian orang tidak dapat dinilai dengan uang.

Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika terjun di bidang wirausaha. Percayalah kepada diri Anda sendiri bahwa Anda mampu menaklukkan berbagai rintangan dan hambatan. Quote yang dari Eleanor Roosevelt mengatakan bahwa tidak ada orang yang bisa membuat Anda merasa rendah tanpa persetujuan Anda. Jadikanlah motto itu sebagai salah satu motivasi bisnis Anda dan bersiaplah untuk sukses. -Solid Gold Berjangka.