PT.SolidGoldSemarang~ Minyak menuju kenaikan mingguan terbesar sejak Agustus dengan Rusia mengatakan pembicaraan dengan Iran terus berlanjut sebelum pertemuan produsen minyak yang direncanakan bulan depan terkait usulan pembekuan produksi di tengah berlimpahnya pasokan minyak global.

Minyak mentah masih turun 11 persen tahun ini karena spekulasi surplus di seluruh dunia akan berkepanjangan di tengah meningkatnya cadangan minyak AS yang telah membengkak ke level tertinggi dalam lebih dari delapan dekade serta prospek untuk peningkatan pengiriman minyak dari Iran. Para produsen dalam perbincangan tentang tempat untuk pertemuan bulan depan terkait pembekuan produksi, kata Menteri Perminyakan Venezuela Eulogio Del Pino saat siaran televisi pada TeleSur.

Minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman April berada di $ 32,89 per barel di New York Mercantile Exchange, turun 18 sen, pada pukul 08:27 pagi waktu Hong Kong. Kontrak WTI naik 92 sen, atau 2,9 persen, ke $ 33,07 pada hari Kamis. Total volume yang diperdagangkan adalah 50 persen di bawah rata-rata100-hari. Harga menuju kenaikan mingguan kedua.

Minyak Brent untuk pengiriman April naik 88 sen, atau 2,6 persen, ke $ 35,29 per barel di ICE Futures Europe exchange, pada hari Kamis. Harga Brent naik 6,9 persen untuk minggu ini. Minyak mentah acuan Eropa mengakhiri sesi lebih sebesar $ 2,22 dari WTI.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer