Minyak mentah naik karena meluasnya kebakaran hutan di Kanada sehingga memangkas output sekitar 1 juta barel per hari, dan setelah Arab Saudi diganti Menteri Perminyakan Ali al-Naimi yangmerupakan teman Wakil putra mahkota.

Minyak berjangka meningkat sebanyak 2,9% di New York dan 2,5% di London. Sementara Api telah menyebabkan pemangkasann setara dengan sekitar 40% dari produksi minyak pasir Kanada, berdasarkan perkiraan IHS Energy. Al-Naimi akan digantikan oleh Ketua Saudi Arabian Oil Co Khalid Al-Falih, yang merupakan sekutu Pangeran Mohammed bin Salman, yang telah mendukung kebijakan Negara memprioritaskan pangsa pasar lebih dari harga dan bersikeras membukukan produksi harus melibatkan pihak Iran.

Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni naik sebanyak $ 1,28 ke $ 45,94 per barel di New York Mercantile Exchange dan berada di level $ 45,53 pada waktu 9:10 pagi di Hong Kong. Kontrak naik 34 sen menjadi ditutup pada $ 44,66 pada hari Jumat. Total volume perdagangan lebih dari tiga kali rata-rata 100-hari.(yds)

Sumber: Bloomberg