PT.SolidGoldSemarang~ Minyak menguat akibat jumlah rig pengeboran aktif di AS turun ke level terendah sejak tahun 2010.

Minyak berjangka naik sebanyak 1% di New York setelah mencatatkan kenaikan mingguan terbesar sejak 2011 pada hari Jumat minggu lalu. Target rig-rig pengeboran minyak AS turun sebesar 26 sampai 734 pada pekan lalu, menurut Baker Hughes Inc. Pengawas International tidak akan diberikan akses ke pangkalan militer Iran dalam kesepakatannya dengan kekuatan dunia untuk mengekang program nuklir negara tersebut, seorang komandan Iran mengatakan .

Minyak telah mengalami reli sekitar 30% dari posisi terendah enam tahun terakhir pada bulan Maret terhadap tanda-tanda penurunan rig AS memacu perlambatan produksi yang dapat meredakan surplus global. Reli minyak mungkin masih goyah setelah stok minyak mentah Amerika menguat ke level tertinggi dalam 85 tahun terakhir.

West Texas Intermediate untuk pengiriman bulan Mei naik sebanyak 55 sen menjadi $ 56,29 per barel di perdagangan elektronik New York Mercantile Exchange dan berada di level $ 56,26 pada pukul 9:47 pagi waktu Sydney. Kontrak minyak turun 97 sen menjadi $ 55,74 pada hari Jumat minggu lalu. Volume semua berjangka yang diperdagangkan adalah sekitar 75% di bawah rata-rata 100-hari. Harga minyak pada pekan lalu naik sebesar 7,9%.

Brent untuk pengiriman Juni naik 68 sen, atau 1,1%, ke level $ 64,13 per barel di bursa ICE Futures Europe exchange. Sementara minyak mentah patokan Eropa diperdagangkan $ 6,22 lebih besar dari WTI untuk bulan yang sama.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer