PT.SolidGoldSemarang~West Texas Intermediate turun ke level terendah dalam lima tahun terakhir karena Irak mengikuti Arab Saudi dalam memangkas harga minyak mentah ke Asia, sehingga meningkatkan tanda-tanda para anggota terbesar OPEC harus mempertahankan pangsa pasar terkait lonjakan output AS.

Kontrak berjangka turun sebesar 1,3 % di New York dengan harga intraday terlemah sejak Juli 2009 lalu. Sementara Irak sebagai produsen minyak terbesar kedua di OPEC, memangkas biaya minyak mentah di Basrah ke level 11 tahun terendahnya menurut daftar harga. Minyak akan tetap berada di level $ 65 per barel selama enam bulan hingga perubahan output atau peningkatan permintaan terhadap OPEC, menurut kepala Kuwait Petroleum Corp.

WTI untuk pengiriman Januari turun sebesar 80 sen ke level $ 62,25 per barel pada perdagangan di elektronik New York Mercantile Exchange dan berada di level $ 62,87 pukul 11:31 pagi di Sydney. Sementara kontrak tersebut turun ke level $ 2,79 dari level $ 63,05 kemarin, merupakan penutupan terendah sejak Juli 2009 lalu. Harga WTI turun 36 % tahun ini.

Brent untuk pengiriman Januari turun ke level $ 2,88, atau 4,2 %, ke level $ 66,19 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London kemarin, merupakan penutupan terendah sejak September 2009 lalu. Sementara minyak mentah acuan Eropa mengakhiri sesi lebih tinggi di level $ 3.14 di bandingkan WTI $ 3,54 pada 1 Desember lalu. (vck)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer