PT.SolidGoldSemarang~Memasuki awal Desember harga emas dunia menyentuh level US$ 1.200 per troy ons. Menguatnya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) diprediksi bisa memberi dorongan.

Pada perdagangan awal Desember, harga emas dunia menyentuh titik tertingginya sejak Oktober setelah bergerak stagnan dalam beberapa perdagangan terakhir.

Harga emas sempat jatuh sampai ke titik terendahnya di kisaran US$ 1.141 per troy ons membuatnya jadi sasaran aksi beli investor.

Sentimen positif juga datang dari India. Pemerintah India telah memberlakukan pelonggaran untuk impor emas. Di India, sebelumnya jika ingin mengimpor harus mengekspor 20% dari yang sudah diimpor sebelumnya.

“Mereka tidak menghapus tariff-nya, tapi ini adalah negara pembeli emas terbesar kedua di dunia, jadi yang mereka lakukan ini sangat penting,” kata Jim Steel, analis komoditas dari HSBC, seperti dikutip CNBC, Rabu (3/12/2014).

Ia memprediksi harga emas masih akan naik terutama berkat aksi beli investor di negara-negara berkembang. Jadi kapan saat yang tepat buat beli emas?

(ang/ang)

sumber finance.detik.com \

baca Disclaimer