PT.SolidGoldSemarang~ Saham-saham Jepang dibuka turun, dengan indeks Topix menghentikan gain beruntun terpanjang sejak bulan Juni, setelah data ekonomi AS yang kuat mendukung kasus untuk The Fed menaikkan suku bunga.

Indeks Topix turun 0,2% ke level 1,655.90 pada pukul 09:05 pagi di Tokyo, menuju penurunan pertama dalam sembilan hari terakhir. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 0,3% ke level 20,394.36. Yen diperdagangkan di level 123,08 per dolar setelah kemarin turun 1,3% ke level terendah sejak Juli 2007. Indeks MSCI World mengalami penurunan terbesar sejak 10 Maret dengan kekhawatiran krisis utang Yunani bisa menyebar ke seluruh Eropa yang juga dappat membebani saham.

Modal pesanan barang yang lebih baik dari perkiraan dan penjualan rumah baru muncul setelah Ketua Federal Reserve Janet Yellen menunjukkan bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga dalam tahun ini jika ekonomi membaik. Ketua The Fed Bank of Cleveland, Loretta Mester memberikan komentarnya pada hari Senin, ia mengatakan ekonomi AS berada dekat ke titik di mana dapat mendukung biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Pemerintah Yunani terus bernegosiasi untuk bailout menjelang pembayaran utang ke Dana Moneter Internasional bulan depan. Menteri keuangan Yunani, Yanis Varoufakis, menyalahkan desakan yang lebih terkait penghematan untuk kurangnya kesepakatan yang akan melepaskan dana. Obligasi Spanyol merosot setelah partai anti-penghematan membuat kemajuan dalam pemilihan lokal di seluruh negeri.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer