SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Setelah melewati masa kelam di tahun 2008, pasar saham Pakistan, yang telah menunjukkan kinerja terbaik di antara bursa-bursa saham di Asia tahun ini, yang mendorong MSCI Inc memasukkan negara ini kedalam bursa-bursa negara berkembang.

Penyedia Indeks mengatakan MSCI Pakistan Indeks akan dipindahkan statusnya sebagai pasar berkembang, bertepatan dengan Mei 2017 saat ulasan Indeks semi-tahunan. EFG Hermes mengatakan bulan lalu bahwa upgrade bisa memikat arus masuk sekitar $ 475.000.000 pada pertengahan tahun depan. Indeks acuan negara Pakistan ini telah bergerak stabil selama lima minggu terakhir sebelum keputusan MSCI di akhir Selasa di New York.

Perdana Menteri Nawaz Sharif berusaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi ke laju tercepat dalam lebih dari satu dekade setelah mencapai stabilitas melalui program pinjaman Dana Moneter Internasional yang menghindari negara ini dari krisis hutang luar negeri pada 2013. Bangsa ini juga berencana untuk mengakhiri krisis energi dalam dua tahun dengan bantuan $ 46 miliar dari masuknya investasi dari Tiongkok. Meski begitu, Pakistan mungkin masih perlu berjuang untuk mendapatkan banyak perhatian sebagai pasar berkembang.

Karachi Bursa Efek KSE100 Indeks telah menguat 15 persen tahun ini, menjadikannya pemain terbaik di Asia. Indeks itu telah naik 4,2 persen bulan ini, dibandingkan dengan penurunan 0,5 persen dalam MSCI Emerging Markets Index.

Pakistan diturunkan status negaranya pada bulan Desember 2008, empat bulan setelah Bursa Efek Karachi memberlakukan aturan yang menyebabkan kelumpuhan total dari aktivitas pasar selama lebih dari tiga bulan. Bursa menetapkan penutupan lantai bursa selama sekitar empat bulan sampai akhirnya penguasa militer Pervez Musharraf meninggalkan kantor untuk menghindari impeachment.

Ada 16 perusahaan Pakistan yang masuk kedalam Frontier Markets Index MSCI, yang menggerakkan sekitar 9 persen dari indeks ini.

Uni Emirat Arab dan Qatar adalah dua negara terakhir yang juga akan dipromosikan statusnya dengan muncul di dalam keanggotaan MSCI, dengan melihat alat pengukur saham patokan mereka melompat setidaknya sepertiga dalam 12 bulan setelah penguatannya sejak Juni 2013.

Di antara perusahaan yang sahamnya akan di ukur dalam indeks MSCI adalah pembuat obat Searle Co, yang telah memperoleh 51 persen tahun ini, Pakistan Oilfields Ltd, dengan peningkatan 31 persen untuk 2016, dan Maple Leaf Cement Factory Ltd, naik 29 persen.

“Pasar Pakistan telah melakukannya dengan baik karena valuasi adalah beberapa yang terendah di kawasan ini,” Arthur Kwong, dari Asia-Pasifik di BNP Paribas Investment Partners yang berbasis di Hongkong, yang mengawasi sekitar € 552.000.000.000 ($ 619.000.000.000),mengatakan sebelum pengumuman MSCI. “Pada dasarnya orang mencari alternatif, menemukan pasar yang kurang berkorelasi dengan siklus suku bunga AS dan perlambatan makro di Tiongkok. Pakistan, tidak diragukan lagi, adalah salah satu tempat yang luar biasa. “

http://vibiznews.com/2016/06/15/pakistan-tujuan-investasi-masa-depan/