SGB LAMPUNG – Metal berharga mengalami penurunan berikutnya pada minggu lalu setelah risalah FOMC yang “hawkish” tetap bergema di pasar. Pemulihan dari dolar AS – kebanyakan terhadap Euro dan Yen – juga memberikan kontribusi terhadap kelemahan pasar bullion. Tetapi hal ini bisa berubah pada minggu ini jika laporan AS minggu ini menunjukkan angka-angka yang lebih rendah daripada yang diperkirakan. Laporan utama minggu ini di AS termasuk: NFP AS, order faktori, PCE inti, sentimen konsumen, dan PMI manufaktur dan non-manufaktur. Dan di Eropa, keputusan tingkat bunga ECB akan menjadi event utama pada minggu ini yang dapat menggerakkan harga emas dan perak.

Marilah kita fokus kepada tiga event yang akan memimpin dalam mempengaruhi pasar bullion:

1. NFP AS: Laporan terakhir, sekali lagi, bercampur tetapi secara keseluruhan masih mengecewakan dengan angka utama menunjukkan kenaikan hanya 160.000 naik hanya 2.5% secara tahunan. Kali ini, pasar mengharapkan pasar memperkirakan kembali penambahan yang rendah 160.000 pekerjaan lagi dan upah hanya naik 0.2% secara bulanan. Setiap tingkat pertumbuhan pekerjaan dan upah yang lebih rendah bisa membawa kepada pergerakan “bearish” berikutnya, pengurangan dalam kemungkinan akan terjadinya kenaikan tingkat bunga the Fed di dalam pertemuan yang akan datang, melemahnya dolar AS dan harga emas dan perak akan mengalami kenaikan kembali.
P2. CE AS: walaupun laporan ini tidak menggerakkan pasar seperti NFP, laporan ini masih merupakan laporan yang penting dengan pertimbangan kita semakin dekat kepada pertemuan bulan Juni; the Fed mengikuti laporan ini sebagai perkiraan utama terhadap inflasi. Dengan mengingat akan penurunan CPI inti di beberapa bulan terakhir, kemungkinan akan kembali terjadi sedikit penurunan di dalam PCE inti. Jika hal ini benar, ini tidak baik bagi kenaikan tingkat bunga – sepanjang harga-harga tidak naik, the Fed kurang bergairah untuk menaikkan tingkat bunga – dan hal ini akan bisa menolong menaikkan harga emas dan perak.
3. Keputusan tingkat bunga ECB: ECB diperkirakan tidak akan memperkenalkan langkah-langkah kebijakan yang baru, meskipun demikian event ini masih akan mungkin menggerakkan pasar terutama terhadap Euro. Euro kemungkinan tidak akan bisa berbuat banyak pada bulan ini.
Pada akhir minggu lalu, kemungkinan kenaikan tingkat bunga oleh the Fed, berdasarkan Fed-watch, adalah 28% di bulan Juni – hanya sedikit berubah dari minggu sebelumnya; untuk bulan September kemungkinan kenaikan juga bertambah sedikit menjadi 69% dan untuk bulan Desember kemungkinannya naik ke 81%.

Walaupun kemungkinan kenaikan tingkat bunga meningkat dibandingkan minggu lalu, semuanya ini bisa turun jika PCE inti menunjukkan inflasi yang lebih rendah dan NFP mengecewakan lagi. Bahkan, sekalipun Yellen berkata bahwa kenaikan tingkat bunga bisa dilaksanakan pada beberapa bulan kedepan dia tetap tidak memberikan petunjuk yang jelas mengenai kenaikan tingkat bunga di bulan Juni, yang bisa diintepretasikan oleh pasar sebagai sebuah tanda bahwa tingkat bunga tidak akan naik pada bulan Juni atau bahkan bulan Juli. Jika demikian maka pasar bullion bisa kembali menghangat dalam jangka pendek.

http://vibiznews.com/2016/05/31/outlook-emas-dan-perak-minggu-ini-17/