PT.SolidGoldSemarang~ Dolar menguat selama tiga hari terakhir terhadap yen bahkan seiring spekulasi bullish untuk greenback pangkas ke level yang terakhir terlihat sebelum Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menjabat pada tahun 2012 lalu yang menjanjikan kebijakan reflationary.

Greenback mendekati level tertingginya dalam tiga pekan terakhir terhadap yen jelang rilis data pada akhir pekan ini yang diperkirakan menunjukkan pengangguran AS turun bulan lalu. Dolar bergerak mendatar terhadap mata uang Jepang tahun ini bahkan seiring Federal Reserve tengah membahas kenaikan suku bunga dan Bank of Japan melakukan pelonggaran kuantitatif yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dolar Australia anjlok untuk hari keempat karena pedagang melihat sebesar 73 persen kemungkinan bank sentral Australia (RBA) akan menurunkan biaya pinjaman pada Selasa besok.

Dolar berada di level 120,20 yen pukul 07:37 di Singapura, pasca naik sebesar 1 persen pekan lalu ke level 120,15. Dolar menguat sebesar 0,1 persen pada hari Senin ke level $1,1190 per euro dan naik sebesar 0,3 persen ke level 78,31 sen terhadap Aussie. Pasar finansial Jepang ditutup pada hari Senin ini sampai Rabu mendatang. (izr)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer