Solid Gold – Bursa Saham Hong Kong melemah, indeks acuan tersebut memnagkas gain mingguan, hal itu akibat pemerintah Hong Kong gagal melakukan pembicaraan dengan pengunjuk rasa pro-demokrasi dan pelemahan Bursa Saham AS terkait pertumbuhan ekonomi.

Indeks Hang Seng tergelincir 1.5% ke level 23,181.16 pukul 10:32 pagi waktu Hong Kong, memangkas gain pekan ini sebesar 0.5%. Indeks Hang Seng China Enterprises atau Indeks H-share melemah 1.5% ke level 10,328.66 sementara Indeks MSCI Hong Kong melemah 1.3%.

Pemerintah Hong Kong gagal melakukan pembicaraan dengan pengunjuk rasa yang telah memblokade jalan utama kota Hong Kong selama hampir 2 pekan terakhir setelah para pemimpin pengunjuk rasa menyerukan kepada para pendukung untuk kembali ke jalanan. Pendudukan oleh para pengunjuk rasa, yang marah dengan pengajuan pemilihan oleh pemerintah Hong Kong merupakan illegal dan harus diakhiri, menurut Carrie Lam.

Hingga kemarin, Indeks Hang Seng mengalami penurunan sebesar 7% dari level tertingginya di tahun ini yang tercatat pada September lalu terkait kekhawatiran bahwa bank sentral AS yang akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya dan setelah polisi Hong Kong menggunakan gas air mata dan semprotan merica guna meredam demonstrasi.
Sumber : Bloomberg