SOLID GOLD BERJANGKA – Suksesnya sebuah bisnis atau perusahaan tidak dapat lepas dari solidnya tim di belakang itu semua dan kerjasama tim yang baik. Walaupun anggota tim terdiri dari orang-orang yang ahli di bidangnya, tetapi hasil maksimal yang merupakan tujuan tim tidak akan dapat diperoleh jika mereka bekerja secara individu dalam kelompok tersebut. Oleh karena itu diperlukan pemimpin yang mampu mengkoordinasi dan mewadahi kemampuan tiap anggota tim sehingga dapat berkontribusi secara maksimal dalam tim.

 

Berikut ini  adalah kualitas seorang pemimpin yang dapat membawa timnya menuju kesuksesan.

  • Obyektif

Pemimpin yang baik harus mampu memahami  karakter dan perilaku anggota timnya secara obyektif tanpa prasangka atau pun emosi. Kemampuan mengelola emosi bagi diri sendiri atau pun para anggota juga merupakan keterampilan yang harus dimiliki  pemimpin tim. Dengan kesediaan mendengarkan permasalahan tiap individu dan memperlihatkan empati, maka akan timbul kepercayaan kepada pemimpin. Sikap obyektif dalam kerjasama tim juga akan memudahkan pemimpin untuk mengatasi konflik antar anggota tim karena ia akan mampu bersikap adil dan menawarkan solusi yang memuaskan semua pihak.

 

  • Mampu berkomunikasi dengan baik

Kemampuan berkomunikasi harus didukung dengan penguasaan bahasa yang baik sehingga pemimpin tahu cara mengutarakan maksud dan tujuannya tanpa menimbulkan kerancuan sehingga anggota timnya mengerti dengan baik apa yang diinginkan oleh pimpinannya. Pemimpin sebaiknya tidak membuat jarak dengan anggota timnya, tidak bersikap eksklusif yang menimbulkan rasa segan, dan dapat bekerjasama dengan baik.

 

  • Bersikap tegas

Seorang pemimpin harus bisa bersikap tegas dan mengambil keputusan terbaik di saat yang genting sekaligus bertanggung jawab atas hasil yang diraih tim yang dipimpinnya. Tegas bukan berarti bersikap keras, tetapi mempunyai prinsip bagaimana  sebuah misi kerjasama tim harus dijalankan sesuai persetujuan yang telah disepakati.

 

  • Bersikap sebagai teladan

Pemimpin yang baik harus menyadari bahwa dirinya diharapkan menampilkan kesan yang dapat dijadikan oleh contoh bagi para anggota yang berada di bawah kepemimpinannya. Untuk itu ia harus berusaha semaksimal mungkin menjadi contoh yang terbaik bagi anak buahnya. Peran ini tentu tidak mudah, tetapi jika pemimpin mampu menjadi teladan yang baik, para anggota tim yang lain pun akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama dengannya.

  • Mampu mengajar dengan baik

Fungsi lain seorang pemimpin adalah juga seorang pengajar dan penasehat yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh tim. Evaluasi dan koreksi yang dilakukan oleh pimpinan hendaknya disertai dengan pembetulan dan petunjuk berikut contoh-contoh tindakan yang perlu dilakukan.

 

Pada prinsipnya seluruh anggota tim dalam kerjasama tim baik dalam perusahaan atau pun bisnis mempunyai kedudukan yang sama. Tetapi bagaimana pun juga dibutuhkan seseorang yang dapat mengatur, mengkoordinir, dan mendelegasikan tugas dalam tim kepada anggota dengan kompetensi yang sesuai. Dengan begitu kinerja tim akan lebih efektif dan efisien dengan semua anggota dapat memberikan kontribusi seoptimal mungkin demi tercapainya tujuan dalam tim.

 

Sering sekali kita melihat tim-tim besar dengan anggota-anggota yang cakap justru tidak mampu memenuhi target perusahaan yang dibebankan kepada tim karena tiap anggota bekerja sendiri-sendiri untuk mengejar kehormatan dan penghargaan individu. Di sinilah pimpinan tim berperan dengan memfokuskan diri pada anggota tim tanpa mengabaikan kebutuhan produksi atau tugas pribadinya dalam divisi. Jika seorang pimpinan tim mampu menguasai kecakapan-kecakapan yang diuraikan di atas, tim yang solid pun akan bisa terbentuk dan kerjasama tim akan sukses untuk meraih tujuan bersama yaitu kemajuan perusahaan.