PT.SolidGoldSemarang~

Pertemuan The Fed memberikan petunjuk adanya kemungkinan jika pertengahan tahun depan suku bunga AS akan dinaikkan (Hawkish). Hal ini memberikan dorongan positif pada para investor untuk berspekulasi terhadap dollar. Sampai akhir tahun 2014, diprediksi dollar akan tetap perkasa terhadap sejumlah mata uang utama dunia terutama Yen jepang dan Euro yang memiliki kebijakan kebalikannya dari The Fed, yaitu melemahkan mata uangnya. Jepang sendiri tetap berpegang pada program stimulus untuk mendongkrak perekonomian Jepang agar keluar dari ancaman deflasi.

Analisa Teknikal

Sesuai pembahasan sebelumnya, penurunan USD/JPY berpotensi tertahan di level support 115.50. Kini harga rebound dari level tersebut mengikuti penguatan dollar yang terjadi. Resistance terdekat dapat kita lihat berada di kisaran 118.96. Jika terjadi penembusan keatas resistance tersebut, maka target terdekat adalah 119.90, resistance selanjutnya ada di kisaran 121.38 – 122.18.

usdjpy_18desklik gambar untuk memperbesar

Sebaliknya jika USD/JPY gagal membentuk harga tertinggi diatas 119.90 atau bahkan closing di bawah level ini, maka USD/JPY berpotensi melakukan koreksi untuk menguji support 117.30, sebelum menuju support penting selanjutnya yaitu level 115.50.

baca Disclaimer