PT.SolidGoldSemarang~Saham Jepang catat penurunan pasca mata uang yen menguat dan harga minyak turun ke level terendah dalam lima tahun terakhir, sehingga membebani saham eksportir dan saham energi.

Indeks Topix turun 0,7 % ke level 1,437.40 pukul 09:03 pagi di Tokyo, merupakan penurunan dari level tujuh tahun tertingginya dan menuju penurunan pertama pada bulan ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average melemah 0,7 % ke level 17,810.31. Sementara mata uang yen diperdagangkan pada level 120,73 per dolar setelah menguat 0,6 % kemarin, merupakan penguatan terbesar sejak 15 Oktober lalu.

Yen telah melemah 13 % terhadap dolar tahun ini, merupakan pelemahan terpanjang setelah Bank of Japan (BOJ) meningkatkan langkah-langkah stimulus pada 31 Oktober lalu. Sementara Federal Reserve mengakhiri putaran ketiga pembelian obligasi pada bulan Oktober lalu di tengah pemulihan perekonomian AS.

Laporan kemarin menunjukkan Jepang berada dalam resesi yang lebih dalam dari yang diperkirakan, perekonomian Jepang melemah sebesar 1,9 % per tahun pada kuartal ketiga, turun lebih dari yang diperkirakan bulan lalu sebesar 1,6 %. (vck)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer