Solid Gold Berjangka- Sekarang ini banyak orang berinisiatif memiliki usaha sendiri dengan keyakinan, mereka akan mendapatkan kebebasan finansial yang dapat dinikmatinya. Bahkan rela keluar dari pekerjaan yang dijalaninya. Tetapi sebagian orang hanya memikirkan hasilnya saja tanpa ada perencanaan bisnis yang matang, sehingga menyebabkan usahanya macet di tengah jalan. Akhirnya banyak dari mereka untuk mulai mencari pekerjaan lagi. Perencanaan finansial dalam memulai suatu bisnis perlu dipelajari agar keuangan bisnis dan keuangan pribadi dapat diatur dengan baik.

Perencanaan ini penting agar segala sesuatu yang terjadi saat menjalankan bisnis dapat diantisipasi dengan baik tanpa menimbulkan kerugian. Perencanaan tersebut harus melalui persiapan yang matang terutama bagi pemula yang baru terjun ke dunia bisnis. Hal tersebut berupa persiapan dana cadangan, modal, pengaturan aliran keuangan. Berikut uraiannya:

  • Persiapan dana darurat

Dalam merencanakan keuangan bisnis, dana darurat perlu dipersiapkan. Dana tersebut diperlukan sebagai antisipasi jika bisnis mengalami kerugian. Dana cadangan bisa juga digunakan untuk keperluan pribadi, karena biasanya untuk sebuah bisnis, diperlukan minimal 1 tahun perputaran dana untuk pengembangan usaha dan untuk mengejar balik modal. Namun, jika usaha tersebut lancar dan mendapatkan keuntungan yang banyak, maka balik modal biasanya tidak sampai 1 tahun. Dalam perencanaan financial, dana darurat atau cadangan sebaiknya disimpan dalam bank sebagai deposito atau tabungan biasa sehingga jika dibutuhkan dapat dicairkan segera.

  • Persiapan modal

Untuk memulai bisnis, modal adalah hal yang paling penting disiapkan setelah menyisakan dana cadangan. Modal tidak hanya disiapkan untuk bahan baku saja, melainkan biaya peralatan perlengkapan untuk menunjang operasi bisnis. Selain itu, biaya lain yang perlu dipersiapkan adalah biaya operasional, seperti biaya listik, sewa tempat, gaji karyawan, biaya komunikasi dan sebagainya. Modal dan biaya cadangan sebaiknya dipersiapkan untuk 3 bulan kedepan sebagai antisipasi jika usaha anda belum menguntungkan.

  • Pengaturan aliran keuangan

Melakukan pembukuan keuangan juga diperlukan untuk mengatur perencanaan finansial bisnis agar terkelola dengan baik dan rapi. Jika pebisnis pemula belum terlalu mengetahui cara membuat nereca keuangan, sebaiknya mempekerjakan seseorang yang paham tentang akuntansi. Uang masuk dan keluar dimasukkan kedalam pembukuan;  jangan mencampuradukkan keuangan pribadi dengan bisnis. Sebaiknya, hindari pemakaian uang kas untuk keperluan pribadi, karena dapat mengganggu keuangan anda dan modal kerja anda berkurang. Kalau pun dalam keadaan terpaksa, usahakan mencatat dana yang diambil dan segera menutupi atau mengembalikan dana tersebut walaupun bisnis tersebut milik anda.

Pengaturan pembukuan ini penting agar mudah melakukan evaluasi dan pengecekan keuangan bisnis serta pertumbuhan keuntungan dapat dilihat lebih spesifik. Jika keuntungan telah dihitung dan laba bersih telah dikeluarkan, pelaku bisnis bisa saja mengambil dana tersebut untuk keperluan pribadi jika usahanya mendapatkan keuntungan yang signifikan. Dana yang diambil pemilik tersebut bisa dikategorikan sebagai gaji bulanan.

Dalam perencanaan finansial, keuntungan yang diperoleh sebaiknya digunakan untuk menunjang pengembangan dan perluasan usaha. Jika dalam memulai usaha anda meminjam modal, sebaiknya segera dilunasi (atau setidaknya dicicil) agar tidak terjadi pembekakan yang dapat berakibat terkurasnya keuntungan.

Jika pelaku bisnis mempunyai pekerjaan, sebaiknya tidak langsung keluar dari pekerjaan anda walaupun keuntungan dari hasil usaha anda lebih besar dari gaji bulanan. Bisa jadi, keuntungan tersebut hanya bersifat sementara, tidak berlangsung dalam jangka waktu lama. Namun jika sulit menjalankan keduanya bekerja sambil berbisnis dan sudah mempertimbangkan secara matang, anda bisa saja memilih untuk melepaskan pekerjaan anda.

Untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses, diperlukan perencanaan finansial yang baik, keberhasilan dan kerugian ditentukan oleh manajemen financial anda sendiri. Oleh karena itu, anda perlu menentukan target sehingga ada tolak ukur pencapaian. -Solid Gold Berjangka.