Solid Gold Berjangka- Di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia, emas merupakan salah satu instrumen investasi yang diminati sepanjang tahun. Selain bernilai tinggi, investasi jenis emas juga tidak memerlukan strategi yang rumit. Investor hanya membeli saat harganya turun dan menjualnya kembali ketika harganya naik. Keuntungan yang diperoleh dengan berinvestasi emas bisa berkali-kali lipat. Tak salah jika banyak orang mengambil langkah investasi ini untuk perencanaan finansial mereka.

Lonjakan harga emas bisa meningkat tajam tergantung laju kurs mata uang. Sejak zaman dulu, emas telah digunakan untuk membiakkan uang mereka apalagi pada saat itu layanan perbankan masih sangat minim dan sampai sekarang emas masih digunakan dalam investasi, baik secara pribadi maupun oleh badan usaha. Selain bentuknya yang menarik, keuntungan yang tinggi juga membuat para investor tertarik untuk mempelajari strategi khusus di bidang investasi ini.

Namun, masyarakat juga harus mengenal beberapa jenis investasi emas, sehingga dalam mengatur perencanaan finansial, mereka bisa memilih yang sesuai budget dan target keuntungan mereka. Jenis-jenis investasi emas antara lain:

–          Emas perhiasan

Perhiasan yang sering anda gunakan baik itu kalung, cincin ataupun gelang ternyata bisa anda investasikan. Namun emas perhiasan kurang tepat digunakan untuk investasi jangka pendek, karena kurang potensi keuntungannya lebih rendah. Tetapi jika dijadikan investasi jangka panjang, keuntungan yang diperoleh bisa berkali-kali lipat karena harga emas terus mengalami kenaikan.

–          Emas batangan

Emas batangan atau biasa disebut logam muliamerupakan investasi emas yang paling aman dan paling baik. Logam mulia sangat mudah dijual kembali dibandingkan perhiasan emas.

–          Koin emas

Koin ini biasa disebut emas ONH atau Ongkos Naik Haji karena koin ini diinvestasikan sebagai tabungan untuk persiapan ibadah haji. Sama halnya dengan jenis investasi emas lainnya, harga koin emas juga mengikuti kurs mata uang dollar Amerika dan nilainya aman terhadap inflasi.

–          Sertifikat emas

Alternatif perencanaan finansial lainnya adalah sertifikat emas, berbeda dari bentuk fisik, emas dapat pula berbentuk sertifikat. Sertifikat tersebut sebagai bukti kepemilikan emas yang disimpan dalam bank pada suatu negara. Investasi jenis ini juga sangat menguntungkan dan bersifat aman karena investor tidak perlu membayar biaya penyimpanan emas di safebox bank tidak seperti emas fisik.

–          Saham pertambangan emas

Harga saham perusahaan emas mengalami perubahan seiring pergerakan pasar emas. Harga saham ini cenderung naik lebih cepat dibanding emas fisik.

–          Reksadana emas

Investasi emas reksa dana, menanamkan investasinya tidak hanya pada perdagangan emas fisik, namun diikutsertakan dalam transaksi saham peusahaan tambang emas.

–          ETF Emas

Exchande Trade Fund atau disingkat ETF adalah jenis reksadana yang dapat diperdagangkan di pasar modal. Hampir sama dengan reksadana emas, namun perbedaannya transaksi jual beli saham melalui lantai bursa.

–          Kontrak emas berjangka

Dalam perencanaan finansial, investasi jenis kontrak berjangka merupakan jenis investasi yang paling diminati. Ibaratnya, anda melakukan investasi terhadap nilainya saja tidak kepada fisiknya. Investor emas berjangka harus mempunyai bukti kepemilikan administrasi. Baiknya lagi emas dapat ditransaksi jual-belikan di perdagangan berjangka sama halnya dengan nilai mata uang.

Masih banyak jenis investasi emas selain beberapa contoh di atas, antara lain: MLM Emas, Dinas Emas, Emas Kuno, dan Emas Lokal. Jenis investasi tersebut tentunya memiliki keuntungan yang juga tidak kalah dari investasi emas lainnya. Seperti emas kuno, selain harganya yang tinggi, juga mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Selain itu bisa digunakan sebagai koleksi di samping perencanaan finansial untuk masa depan. Anda tidak perlu merasa khawatir dalam mengatur keuangan, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya berinvestasi emas. -Solid Gold Berjangka.