SGB LAMPUNG – Dalam survei Kitco terhadap harga emas minggu lalu, 56% investor ritel berpendapat “bullish”, sementara 45% atau sebagian besar dari professional pasar berpendapat “bearish”. Dan minggu lalu harga emas memang benar-benar sangat jatuh, dengan Emas Berjangka bulan Juni di Comex turun selama seminggu menjadi $1,212.40/ons pada 11:25 a.m. EDT.

Emas terus mengalami tekanan jual pada hari Jumat (27 mei), melemah untuk hari yang ke delapan berturut-turut dan mengalami penurunan mencoba kerendahan dalam delapan minggu dekat $1,210/ons dengan pembalikan arah yang terbatas setelah komentar dari gubernur the Fed, Yellen.

Setelah mengalami tekanan lebih jauh selama sesi AS pada hari Kamis, harga emas mendapatkan support di sekitar level $1,214 di perdagangan pagi sesi Asia dan mengalami rally ke ketinggian $1,222 karena dolar Amerika tidak berhasil melanjutkan kenaikannya.

Minggu lalu, emas sedang menuju ke penutupan yang negatif setelah harga emas jatuh ke kerendahan selama delapan minggu. Emas Comex bulan Juni terakhir di perdagangkan pada hari Jumat minggu lalu di $1,213.70/ons pada hari itu.

Kitco’s online survey menyatakan, dari 790 pemberi masukan, 499 atau 51% berkata mereka “bullish” terhadap emas pada minggu ini, sementara 278 atau 35% berkata “bearish” dan 112 atau 14% netral.

Sementara itu, dari 20 analis dan trader yang mengambil bagian dalam survei professional pasar yang dilakukan oleh Kitco, 9 atau 45% berpandangan “bearish” terhadap harga emas pada minggu ini, 7 atau 35% berpandangan “bullish” dan 4 atau 20% netral.

Minggu lalu merupakan minggu yang berat buat emas dan minggu ini data ekonomi yang banyak dan para pembicara dari Federal Reserve akan dimonitor ketat dengan pasar terus mencari besarnya kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan Juni. Bersiaplah untuk banyak data ekonomi pada minggu ini. Pasar kemungkinan akan bergolak dengan perdagangan yang volatil, tetapi yang jelas semua orang akan menunggu buat hari Jumat.

http://vibiznews.com/2016/05/30/pergerakan-harga-emas-minggu-lalu-dan-minggu-ini-2/