SOLID GOLD BERJANGKA –¬†Apakah saat ini Anda berminat untuk memulai investasi bersama pialang berjangka dengan produk komoditas pertanian? Jika ya, mulailah mencari informasi untuk mulai berinvestasi di tahun 2014, karena tahun depan akan ada berbagai kontrak berjangka menarik yang dibuka plus beberapa komoditas baru yang ditengarai akan menjadi komoditas super potensial mulai tahun 2014. Menurut informasi dari Bursa Berjangka Jakarta, semua komoditas baru tersebut sudah akan siap untuk diperdagangkan dalam pasar sejak 3 bulan pertama di tahun 2014, dan saat ini bahkan BBJ sudah dihubungi oleh para calon investor yang ingin bergabung dalam pasar komoditas pertanian berjangka ini, termasuk para asosiasi.

Semua produk yang akan dibuat kontraknya memiliki potensi besar untuk menjadi pemain unggulan di pasar kontrak komoditas. Selain itu, kontrak berjangka yang ditawarkan juga akan meliputi pasar fisik walaupun jatah lot yang disediakan jauh lebih kecil. Hal ini berarti para pedagang juga bisa ikut melakukan investasi untuk mencari keuntungan dari perdagangan komoditas fisik. Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai pilihan produk kontrak berjangka (dan fisik) untuk investasi komoditas di pialang berjangka.

 

Komoditas Kontrak Berjangka

Untuk komoditas yang ditawarkan dengan sistem berupa kontrak berjangka, ada beberapa jenis yaitu:

  • Kopi, yang masih tetap menjadi salah satu produk paling populer di pasar bursa berjangka. Untuk tahun depan, akan ada dua jenis kopi utama yang diperdagangkan, yaitu arabika dan robusta. Produk kopi digemari di seluruh dunia dan popularitasnya tak pernah hilang, sehingga ini bisa dibilang termasuk komoditas yang potensial.
  • Kedelai, yang juga populer baik di dalam maupun di luar negeri. Kedelai bukan hanya komoditas untuk bahan makanan. Tren makanan dan minuman sehat serta produk diet sehat yang mulai populer sejak awal dekade lalu membuat kedelai makin diminati oleh berbagai produsen makanan, minuman dan suplemen.

Sementara itu, untuk komoditas yang ditawarkan dalam bentuk fisik oleh perusahaan pialang berjangka antara lain:

  • Batu bara, yaitu jenis bahan bakar yang walaupun agak menuai reaksi negatif karena tingkat polusinya, tetaplah merupakan bahan bakar utama yang saat ini tak tergantikan terutama untuk industri.
  • Karet, yang merupakan komoditas utama untuk berbagai produk termasuk ban kendaraan yang tak ternilai harganya bagi seluruh dunia. Selain itu, fakta bahwa Indonesia sangat kaya dengan karet membuat komoditas ini populer sebagai komoditas fisik untuk bursa berjangka.
  • CPO alias minyak kelapa sawit mentah; dipasarkan secara fisik karena berharga untuk berbagai industri. Saat ini, Bursa Berjangka Jakarta sedang berusaha membuat sistem nilai per lot transaksi yang dihitung dalam tonase lebih kecil dari 500 ton, menjadi kira-kira sebesar maksimal 100 ton. Hal ini berdasarkan protes banyak perusahaan yang menganggap nilai lot sebesar itu membuat mereka susah masuk pasar.

 

Siapa yang Akan Bergabung?

Mereka yang menyatakan minat terhadap berbagai komoditas ini untuk bursa tahun depan bukan hanya perorangan. Di Indonesia, sudah banyak asosiasi yang mendaftar untuk ikut bursa komoditas dalam investasi pialang berjangka ini seperti Asosiasi  Eksportir Kopi Indonesia, Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia, Gabungan Koperasi Kopi Indonesia, Asosiasi Petani karet Indonesia, serta berbagai perusahaan sawit.

Anda berminat? Segeralah pelajari setiap bentuk komoditas dan pastikan memilih komoditas paling tepat untuk investasi ini. Setiap produk memiliki potensi, namun keputusan berdasarkan kebutuhan dan pertimbangan Anda sendiri.