SOLID GOLD BERJANGKA – Hal-hal tak terduga bisa terjadi pada siapa saja. Maka dari itu diperlukan persiapan terhadap hal-hal tak terduga tersebut. Perencanaan finansial merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan karena pengeluaran tak terduga bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Tidak ada yang tahu kapan bencana akan terjadi. Anda yang hari ini sehat-sehat saja, bisa jadi jatuh sakit tiba-tiba. Atau, anda yang hari ini masih eksis di posisi anda, bisa jadi kehilangan pekerjaan anda esok pagi.

Sebenarnya bisa menjadi pilihan investasi untuk dana tak terduga. Namun asuransi membutuhkan jangka waktu tertentu agar dana yang diasuransikan bisa mendapatkan keuntungan dan diambl kembali. Besaran alokasi dana tersebut pun ditentukan berdasarkan kebutuhan, ketentuan polis, serta jumlah orang yang ditanggung. Singkatnya. Asuransi memiliki tingkat likuiditas yang rendah, sehingga tidak bisa dicairkan kapan saja anda membutuhkan.

 

Pentingnya dana cadangan

Penyediaan dana cadangan adalah bagian dari perencanaan finansial untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan  di masa mendatang dan membutuhkan anggaran yang besar. Banyak orang yang langsung menghabiskan gajinya, karena merasa gaji bulan besok cukup untuk membiayai segala pengeluarannya. Hal seperti ini merupakan hal yang bisa sangat merugikan di kemudian hari karena anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya.  Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika anda menyiapakan finansial scara matang:

  1. Anda tetap mempunyai simpanan jika terkena musibah sehingga tidak perlu berhutang pada orang lain
  2. Finansial yang disiapkan bisa diambil sewaktu-waktu saat diperlukan
  3. Dana yang ditabung sebagai perencanaan finansialbisa digunakan untuk membeli sesuatu saat jumlahnya sudah melebihi kebutuhan

 

Besaran alokasi dana

Besaran alokasi dana yang harus dipersiapkan harus dipertimbangkan secara seksama. Anda harus mempertimbangkannya sesuai dengan besarnya kebutuhan, usia, serta jumlah orang yang ditanggung. Sejumlah pakar ekonomi merekomendasikan hal-hal berikut:

  • Bagi anda yang masih lajang, dana cadangan yang harus dipersiapkan minimal 3 bulan gaji. Misalnya, jika gaji bulanan anda adalah Rp. 3 juta, maka dana cadangan anda setidaknya adalah Rp. 9 juta.
  • Untuk keluarga, dana cadangan yang harus dipersiapkan minimal 6 bulan gaji. Untuk pendapatan yang sama, maka dana cadangan keluarga anda adalah Rp. 18 juta.

Kedengarannya fantastis bukan? Di sinilah perlunya perencanaan finansial sejak dini. Anda bisa menyisihkan sebagian gaji bulanan anda hingga mencapai jumlah dana cadangan yang dibutuhkan. Bayangkan saja jika anda kekurangan dana sehingga harus berhutang kepada orang lain. Mungkin besaran dana yang harus anda bayar akan lebih besar lagi, karena anda harus membayar bunga pinjaman.

 

Penyimpanan dana

  • Tabungan dan deposito

Banyak pilihan untuk penyimpanan dana cadangan anda. Namun, karena sifatnya tidak terduga dan anda tidak tahu kapan membutuhkannya, anda membutuhkan mekanisme penyimpanan dana dengan likuiditas yang tinggi, seperti tabungan dan deposito, yang bisa diambil kapan saja saat diperlukan. Berbeda halnya jika anda harus melakukan asuransi dimana ada jangka waktu untuk mencairkan dana tersebut.

  • Investasi

Selain melakukan penyimpanan dana dalam bentuk tabungan, anda pun bisa melakukan investasi. Investasi yang paling mudah dan selalu memberikan keuntungan untuk beberapa tahun ke depan adalah investasi emas. Nilai rupiah yang semakin menurun setiap tahunnya akan membuat harga emas semakin mahal.

Dana cadangan berfungsi layaknya sebuah pintu darurat di sebuah gedung. Anda bisa menggunakannya saat keadaan genting dan saat tidak ada orang yang bisa membantu anda. Planning finansial merupakan langkah paling strategis yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal-hal yang tidak terduga. Mulai dari sekarang, paling tidak sisihkanlah gaji anda sebagai tabungan yang bisa digunakan saat dibutuhkan.