Sudah seharusnya seorang investor pialang berjangka, memiliki rekening terpisah atau segregated account. Pengertian rekening terpisah dalam investasi pialang berjangka, adalah rekening khusus nasabah yang dibuka atas nama perusahaan pialang tersebut. Dalam artian Anda tidak menggunakan rekening bank sendiri. Sifat rekening tersebut kolektif, jadi sebuah perusahaan pialang berjangka menyediakannya sebagai sarana bagi semua investor yang ingin menjadi nasabahnya.

Karena rekening tersebut memiliki nilai yang besar sekaligus aktif, maka rekening terpisah yang dibuat perusahaan pialang itu berada di bawah pengawasan lembaga formal. Di Indonesia, rekening terpisah diawasi oleh Kliring Berjangka Indonesia.

Kebutuhan menggunakan rekening terpisah ini bukan untuk merumitkan proses dana yang mengalir. Ada berbagai keuntungan yang bisa diambil dari penggunaan rekening ini, sebagai berikut:

Efisiensi Pengaturan Dana

Rekening terpisah hanya ditujukan untuk kepentingan investasi saja yang berkaitan langsung dengan perusahaan pialang tempat Anda berinvestasi.

Aliran Dana Jelas

Adanya rekening ini, maka perusahaan pialang bisa menggunakan uang di rekening tersebut untuk hal yang berkaitan dengan transaksi nasabahnya.

Perlindungan Dana Nasabah

Dana nasabah akan aman dari kegiatan di luar investasi. Misalnya perusahaan pialang berjangka tempat berinvestasi itu bangkrut, dana nasabah masih dapat diklaim karena bukan bagian dari aktiva perusahaan pialang itu.

Meskipun demikian ada sisi keuntungan, adapula sisi kerugiannya. Bila mengacu pada prosedur formalnya, perusahaan pialang dapat melakukan penarikan atau mutasi dana dari rekening terpisah milik nasabah, pihak bank tidak bisa melarang. Lebih disebabkan rekening terpisah memang dibuat atas nama perusahaan dan bukan Anda sendiri sebagai nasabah. Kemudian rincian aktivitas rekening terpisah hanya dimiliki perusahaan pialang bukan pada bank.

Untuk mengurangi faktor resiko penyalahgunaan dana, pastikan Anda melakukan tips-tips ini sebelum memasukkan uang ke rekening terpisah:

  • Pilih perusahaan pialang yang memiliki reputasi sangat baik, memiliki respon positif dari komunitas investor, dan terdaftar secara resmi di KBI, Bappeti serta BBJ.
  • Cek apakah rekening yang ditawarkan sebuah perusahaan pialang berjangka adalah memang rekening terpisah. Jadi begitu Anda berniat mendaftar untuk investasi di sebuah perusahaan pialang berjangka, mintalah untuk melakukan transfer ke rekening tertentu, cek di situs resmi Bappeti. Jika rekening tersebut memang rekening terpisah, maka pasti akan terdaftar di situs Bappeti.
  • Pastikan untuk selalu menyetor dana secara langsung, tidak dengan cara menitipkan pada siapapun.
  • Rekening terpisah merupakan fitur yang menguntungkan, namun hanya jika Anda menggunakan jasa perusahaan pialang bereputasi baik dan sudah terdaftar di lembaga resmi.

– Sumber :  bisnisindeks.com