PT SOLID BERJANGKA – Emas Stabil Sedikit Di Bawah Ketinggian Selama 3 Bulan Karena Naiknya Dollar Amerika Serikat

PT SOLID BERJANGKA LAMPUNGKepala analis dari Activ Trades, Carlo Alberto De Casa mengatakan dalam catatannya, ”Setelah mencapai ketinggian dalam tiga bulan pada hari Selasa kemarin, emas mengambil nafas, tetapi harga tetap berada diatas batas $ 1,230, meneguhkan kekuatannya.”

“Lingkungan tetap positip bagi bullion, dengan bertumbuhnya minat investor untuk metal berharga diantara mereka yang bertaruh akan meningkatnya koreksi lebih jauh pada pasar saham.”

Meningkatnya ketegangan geopolitik yang disebabkan oleh keterlibatan Arab Saudi di dalam pembunuhan seorang jurnalis – Jamal Khasoggi, dan problema budget Itali, menopang permintaan akan metal berharga yang “safe-haven” ini dan membantu membatasi penurunan tajam yang secara tiba-tiba.

Dari perspektif tehnikal, US $ 1,240 merupakan “resistan” yang cukup signifikan, dan apabila berhasil menembus keatas US $ 1,240, level berikutnya yang menjadi tahanan adalah US $ 1.260.

PT SOLID BERJANGKA

Jika ada koreksi, US $ 1,210 merupakan zona “support” yang bagus, yang apabila berhasil ditembus akan membawa emas jatuh lebih lanjut kearah US $ 1,195, yang kemungkinannya kecil dalam skenario ini.

Pada hari Rabu kemarin, emas stabil dengan sedikit penurunan dari puncak ketinggian selama tiga bulaun pada hari Selasa dengan menguatnya dollar Amerika Serikat. Dollar Amerika Serikat naik 0.3 % terhadap sekeranjang mata uang.

Harga emas tetap bertahan sekalipun ada tekanan karena menguatnya dollar Amerika Serikat karena jatuhnya pasar saham pada minggu ini membuat minat terhadap resiko melemah.

Emas spot sedikit berubah dan berada pada US $ 1,230.65 per ons pada 09:57 GMT. Emas berjangka turun 0.3 % pada US $ 1,233.50 per ons.

Pada hari Selasa yang lalu, metal berharga ini menyentuh posisi tertingginya sejak bulan Juli 2017 pada US $ 1,239.68.

Analis dari Saxo Bank Ole Hansen mengatakan, ”Emas sedang fokus pada naiknya keengganan menghadapi resiko pada pasar saham global.”

Harga emas telah naik lebih dari 6 % setelah jatuh ke US $ 1,159.96 per ons pada pertengahan bulan Agustus lalu, posisi terendah sejak bulan Januari tahun lalu.
PT SOLID BERJANGKA

Sumber : Vibiznews