PT SOLID GOLD BERJANGKA – Brent Naik 10 Sen, Ketaatan Terhadap Pakta Bersama OPEC Terus Tunjukkan Hasil

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Pedagang mengatakan hal ini disebabkan oleh diskon WTI yang luas untuk Brent yang membuat ekspor menarik.

Harga minyak naik tipis pada hari Kamis karena persediaan minyak mentah Amerika Serikat turun meski terjadi kenaikan produksi, sementara di luar Amerika Serikat, penurunan pasokan OPEC terus memperketat pasar.

Kontrak berjangka Brent LCOc1, patokan internasional untuk harga minyak, berada di $ 60,59 per barel pada 06:47 GMT, naik 10 sen dari penutupan terakhir mereka. Brent telah meningkat lebih dari sepertiga sejak posisi terendah 2017 pada Juni lalu.

Minyak mentah tipe Amerika Serikat West Texas Intermediate (WTI) CLc1 berada di $ 54,32 per barel, naik 2 sen dari settlement terakhirnya, dan sekitar 30 persen di atas level 2017-rendah di bulan Juni.

Keyakinan pasar telah didorong oleh usaha tahun ini yang dipimpin oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia untuk menahan sekitar 1,8 juta barel per hari (bpd) dalam produksi minyak untuk memperketat pasar.

Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan pada hari Kamis di Thailand bahwa keseimbangan pasokan dan permintaan terus diperketat dan persediaan minyak global turun, sementara kepatuhan terhadap pakta pimpinan OPEC untuk mengekang pasokan telah “sangat baik”.

Produksi minyak Rusia naik tipis menjadi 10,93 juta barel per hari (bpd) pada Oktober dari 10,91 juta barel per hari pada September, data resmi menunjukkan pada hari Kamis, namun negara tersebut tetap pada kesepakatan bersama untuk mengekang output.

Secara keseluruhan, pasar minyak global sedikit berkurang pada kuartal terakhir, yang mengakibatkan penurunan pada persediaan bahan bakar.

Perjanjian untuk menahan persediaan sampai bulan Maret 2018 sedang berjalan, namun masih ada konsensus untuk memperpanjang kesepakatan tersebut sampai sepanjang tahun 2018.

Minyak juga didukung oleh turunnya persediaan minyak mentah Amerika Serikat meski terjadi kenaikan produksi.

Persediaan minyak mentah komersial Amerika Serikat turun 2,4 juta barel dalam minggu hingga 27 Oktober menjadi 454,9 juta barel, menurut data dari Administrasi Informasi Energi pada hari Rabu (EIA).

Meski produksi meningkat 46.000 bpd menjadi 9,55 juta bpd. Produksi minyak mentah Amerika Serikat sekarang berada di atas 13 % dari persediaan pada pertengahan 2016.

Goldman Sachs mengatakan dalam sebuah catatan bahwa mereka memperkirakan pertumbuhan produksi minyak Amerika Serikat year-on-year sebesar 0,8 juta sampai 0,9 juta barel per hari pada akhir tahun 2017.

Itu akan menghasilkan output akhir tahun sebesar 9,6-9,7 juta bpd, hanya sedikit di atas level saat ini.

AMDAL mengatakan bahwa ekspor minyak mentah Amerika Serikat dalam satu minggu mencapai rekor 2,1 juta bpd dalam minggu terakhir.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews