PT SOLID GOLD BERJANGKA – Outlook Harga Emas Minggu Ini

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga bullion mengalami pukulan berikutnya pada minggu lalu dengan pasar perlahan-lahan menaikkan kemungkinan kenaikan tingkat bunga oleh Federal Reserve pada tahun ini. Tetapi semua ini bisa berubah jika laporan NFP yang akan datang pada minggu ini turun dibawah daripada perkiraan pasar. Disamping NFP, laporan lainnya yang akan dirilis pada minggu ini termasuk PMI manufaktur AS, PMI manufaktur Cina, PCE AS, Factory order dan CPI sementara EU.

Bagi para investor, event utama di Jackson Hole adalah pidato dari Yellen dimana dia tidak memberikan banyak petunjuk mengenai apa yang akan dilakukan berikutnya pada FOMC. Yellen menyatakan bahwa kondisi ekonomi di AS telah membaik, yang bisa membawa kepada kenaikan tingkat bunga pada tahun ini tetapi ada banyak juga ketidak pastian di pasar.

Wakil ketua dari FOMC Fischer lebih “hawkish” dan mencoba mengulangi bahwa bulan September event yang hidup dan pasar harus memperhitungkan kemungkinan kenaikan tingkat bunga segera pada bulan depan. Menyususl pembicaraan ini, pada akhir dari minggu lalu, probabilita dari kenaikan tingkat bunga pada bulan September meningkat menjadi 33% dan untuk bulan Desember kemungkinannya naik menjadi 59%. Jika tren ini terus berlangsung, harga emas dan perak akan terpukul.

Kedepannya minggu ini, ada beberapa laporan ekonomi kunci yang keluar dari AS dengan puncaknya laporan NFP pada hari Jumat termasuk: Consumer confidence, manufacturing PMI dan PCE. Jika laporan-laporan ini menunjukkan hasil yang lebih baik daripada yang diperkirakan, mereka juga akan mempengaruhi tingkat bunga di AS dan menguatkan dolar AS.

Tetapi event utama minggu ini adalah laporan NFP. Saat ini pasar memperkirakan angka utama sebesar 186.000 pekerjaan, yang adalah lebih rendah daripada yang tercatat pada bulan lalu. Jika laporan ini mengatasi perkiraan, sebagaimana halnya yang terjadi pada beberapa bulan yang lalu, berita ini bisa melemahkan permintaan akan emas dan perak lebih jauh.

Ingat bahwa korelasi antara metal berharga (terutama emas) dan kejutan di dalam angka NFP sangat kuat. Laporan NFP memiliki pengaruh terhadap USD dan juga terhadap arah dari harga emas.

Pada dasarnya, pasar bullion kemungkinan tidak akan mengalami kenaikan harga pada minggu ini memperhitungkan pasar perlahan-lahan merevisi naik perkiraan mereka akan kemungkinan kenaikan tingkat bunga pada tahun ini. Dan jika laporan NFP menunjukkan kenaikan yang lebih besar dalam jumlah pekerjaan, hal ini bisa memanaskan pembicaraan mengenai kemungkinan kenaikan tingkat bunga pada tahun ini – pembicaraan yang tidak akan menolong harga emas dan perak dalam jangka pendek.
PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

SUmber : Vibiznews