PT SOLID GOLD BERJANGKA – Outlook Emas Minggu Ini

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Pasar bullion tetap mengalami pemulihan sekalipun FOMC dan BOJ tidak mengubah kebijakan mereka. Dan laporan GDP AS yang mengecewakan – hanya bertumbuh 1.2 % dibandingkan dengan “expenditure” sebesar 2.6 % – cukup untuk menggerakkan naik harga emas dan perak. Tetapi minggu ini BOE dan NFP bisa menghentikan rally dari bullion.

Bukanlan sesuatu yang mengejutkan dimana terjadi lagi FOMC tidak mengubah atau bahkan tidak memberikan tanda-tanda bahwa mereka akan menaikkan tingkat bunga segera. Perbedaan utama di dalam pernyataan terakhir ini adalah tidak ada yang menolak untuk menaikkan tingkat bunga kali ini dan pernyataan tersebtu sedikit lebih “bullish” terhadap pasar. Disamping berita ini, laporan GDP dimana ekonomi AS bertumbuh hanya 1.2 % di kuartal kedua – lebih rendah daripada yang diperkirakan – cukup untuk membawa turun outlook pasar mengenai tingkat bunga the Fed. Sampai akhir minggu kemarin, kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan September menurun menjadi 12 % dan untuk bulan Desember kemungkinan kenaikan juga turun menjadi 33 %.

Reaksi ini juga bergema di pasar bullion dengan emas dan perak terus mengalami kenaikan setelah pertemuan FOMC.

Dan sekarang pejabat FOMC menunjukkan pada permulaan minggu ini bahwa kenaikan tingkat bunga masih mungkin terjadi pada tahun ini – sesuatu yang telah dihapus oleh pasar terutama setelah laporan GDP yang mengecewakan.

Terlebih lagi, keputusan BOJ untuk tidak mengeluarkan stimulus tambahan seperti memperbanyak QE atau memangkas kembali tingkat suku bunganya juga memberikan sayap bagi emas dan perak untuk naik. Ini juga berarti bahwa minggu ini pertemuan kebijakan MPC juga akan bisa mengguncangkan pasar forex – dan dengan demikian secara tidak langsung mempengaruhi harga metal berharg. Saat ini pasar memperkirakan akan ada pemotongan tingkat bunga sebanyak 25 basis poin dan stimulus lainnya – sebagai contoh pemotongan tingkat bunga sebanyak 50 basis poin atau penambahan terhadap program pembelian assets – bisa membawa GBP dan Euro menjadi lebih lemah – yang pada gilirannya bisa memberikan tekanan turun terhadap harga emas dan perak. Tetapi apabila yang terjadi adalah pernyataan yang bersifat “hawkish” dengan tidak ada pemotongan tingkat bunga – yang juga terbuka kemungkinannya – bisa membawa pemulihan terhadap GBP yang pada gilirannya bisa juga menaikkan harga emas dan perak.

Tetapi event utama pada minggu ini untuk bullion kemungkinan tetap ada pada AS – NFP bulan Juli. Saat ini, pasar memperkirakan akan ada kenaikan sebanyak 180.000; angka yang lebih rendah dari bulan lalu tetapi masih cukup bagus untuk FOMC mempertimbangkan kembali untuk menaikkan tingkat bunga pada tahun ini atau paling tidak meningkatkan kemungkinan dari kenaikan. Karena itu, jika laporan keluar lebih baik daripada yang diperkirakan – tidak hanya di angka utama tetapi juga di pertumbuhan upah, yang pada terakhir lagi itu tidak terlalu mengesankan – laporan ini bisa membawa turun harga emas dan perak pada akhir dari minggu ini. Sebelum rilis data NFP pada hari Jumat, PMI non-manufaktur, order faktori, perkiraan ADP, klaim pengangguran, dan PCE inti akan memimpin pergerakan dan merevisi ekspektasi pasar. Jika laporan-laporan ini memberikan angka yang lebih baik daripada yang diperkirakan, hal ini bisa menggerakkan sentimen pasar untuk kembali masuk ke resiko, yang bisa menolong harga emas.

Pada dasarnya, pasar bullion kemungkinan akan tetap memperoleh momentum selama minggu ini, tetapi rally ini bisa terhenti pada akhir minggu ini jika salah satu dari yang berikut ini terjadi: BOE mengejutkan pasar dan memberikan lebih banyak stimulus daripada yang diperkirakan dan jika laporan NFP dan laporan-laporan pada bulan ini muncul kuat dan mengalahkan perkiraan pasar, emas dan perak bisa berubah arah dan turun lagi.
PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews