PT SOLID GOLD BERJANGKA – Saham Amerika Serikat Berfluktuasi, Emas Naik Tertinggi Dalam Setahun

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga emas stabil di dekat level tertingi dalam setahun di level $1340 pada hari Rabu, didukung oleh ketegangan di semenanjung Korea dan melemahnya dollar karena meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menunda kenaikan suku bunga.

Harga emas sempat turun ke level rendah di $1335 setelah adanya pernyataan dari dua pemimpin Kongres yang mengatakan bahwa mereka siap mendukung kenaikan batas utang tiga bulan.

Jens Pederson, analis di Danske Bank mengatakan bahwa meningkatnya ketegangan geopolitik, badai yang menyerang Amerika Serikat dan belum pastinya kebijakan batas hutang telah meningkatkan permintaan aset haven.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa ada faktor lainya yang melemahkan dollar dari sudut pandang bahwa the Fed mungkin akan menunda menormalisasi kebijakan moneternya, yang mana itu adalah berita baik untuk investor emas.

Harga emas melesat ke level tertinggi baru dalam setahun di level $1347 pada hari Kamis, setelah perilisan data klaim tunjangan penganguran Amerika Serikat yang mengecewakan.

Logam mulia mendapat keuntungan dari pelemahan dollar setelah Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat pada hari Kamis melaporkan bahwa klaim awal tunjangan pengangguran naik lebih besar dari perkiraan menjadi 298.000 pada pekan lalu.

Sentimen terhadap greenback sudah rapuh setelah pejabat Federal Reserve Lael Brainard pada hari Selasa mengatakan bahwa bank sentral harus menunda kenaikan suku bunga sampai tingkat inflasi cukup meyakinkan karena saat ini “masih ” di bawah target

Saham Amerika Serikat berfluktuasi, dolar anjlok dan Treasuries rally karena investor mengantisipasi dampak angin topan Irma yang mengarah ke Florida dan dampak ancaman Korea Utara. Euro menguat setelah bank sentral Eropa memberi sinyal akan perpanjangan stimulus.

Saham

Indeks S & P 500 turun 0,1 % pada pukul 12.09 siang. di New York.
Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,3 %.
Indeks FTSE 100 Inggris naik 0,6 %.

Mata uang

Bloomberg Dollar Spot Index turun 0,7 %, mencapai level terendah dalam lebih dari dua tahun dengan penurunan keenam berturut-turut.
Euro meningkat 0,8 % menjadi $ 1,2007, terkuat dalam hampir tiga tahun.
Pound Inggris naik 0,3 % menjadi $ 1,3081, terkuat dalam hampir lima minggu.
Yen Jepang meningkat 0,8 % menjadi 108,34 per dolar.

Obligasi

Imbal hasil pada Treasuries 10 tahun turun enam basis poin menjadi 2,05 %, di Jerman turun empat basis poin menjadi 0,31 %, terendah dalam lebih dari 10 minggu demikian juga dengan imbal hasil obligasi 10 tahun Inggris turun tiga basis poin menjadi 0,972 %.

Komoditi

Emas naik 0,9 % menjadi $ 1,346.33 per ounce, tertinggi dalam setahun.
Minyak mentah West Texas Intermediate naik kurang dari 0,05 % menjadi $ 49,18 per barel.
Tembaga merosot 0,3 % menjadi $ 3,14 per pon, retret pertama dalam lebih dari seminggu.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews