PT SOLID GOLD BERJANGKA – Harga Emas Turun Tertekan Kekuatan Dollar Amerika Serikat dan Redanya Ketegangan Amerika Serikat-Korea Utara

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Diperkirakan harga emas bergerak lemah dengan berlanjutnya penguatan dollar Amerika Serikat. Namun jika ketegangan seputar Korea Utara meningkat dapat kembali mengangkat emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,280.00-$ 1,278.00, namun jika harga bergerak naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,284.00-$ 1,286.00.

Harga Emas turun pada akhir perdagangan Selasa dinihari tadi, mundur dari level tertinggi dua bulan tertekan penguatan dollar Amerika Serikat dan meredanya ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara. Meskipun perayaan Hari Pembebasan Korea Utara pada hari Selasa kemungkinan dapat menaikkan ketegangan lagi.

Volatilitas emas cukup tinggi di awal sesi Asia merespon pernyataan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In terkait krisis di Semenanjung Korea. Emas turun sekitar $9 menyentuh level terendah harian $1272.92.

Presiden Moon mengatakan akan mencegah terjadinya perang di Semenanjung Korea terkait dengan ketegangan yang terjadi antara Korea Utara dan Amerika Serikat. Pernyataan tersebut menurunkan kecemasan di pasar, dan membuat aset-aset safe haven seperti emas melemah.

Dalam pernyataan beberapa saat lalu, Presiden Moon juga mengaskan hanya Korea Selatan tindakan militer di Semenanjung Korea hanya bisa diputuskan oleh Korsel, dan akan mengedepankan tindakan diplomasi dengan Korea Utara.

Harga emas diperdagangkan di kisaran $1275.35 pada pukul 9:05 WIB.

Harga emas spot LLG turun 0,55 % menjadi $ 1,281.75 per ons, setelah mencapai level tertinggi sejak 7 Juni di level $ 1,291.86 pada sesi sebelumnya.

Harga emas berjangka Amerika Serikat untuk pengiriman Desember ditutup pada level $ 1.290.40 per ons.

Di tempat lain, dollar Amerika Serikat naik dari posisi terendah empat bulan pekan lalu terhadap yen, membuat harga emas dalam dolar menjadi mahal untuk investor non-Amerika Serikat.

Harga konsumen di Amerika Serikat naik kurang dari yang diperkirakan pada bulan Juli, data menunjukkan pada hari Jumat, menunjukkan inflasi lemah yang dapat meyakinkan Federal Reserve yang berhati-hati untuk menunda kenaikan suku bunga Amerika Serikat sampai Desember.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga karena mereka meningkatkan biaya kesempatan menahan emas yang tidak menghasilkan. Hedge fund dan money managers meningkatkan posisi net long atau buy mereka di emas COMEX untuk minggu keempat berturut-turut ke level tertinggi dua bulan di minggu ke 8 Agustus, data menunjukkan pada hari Jumat.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,04 % menjadi $ 17,07 per ons, setelah naik pekan lalu ke level tertinggi sejak pertengahan Juni.

Platinum turun 1,16 % menjadi $ 968,40 setelah mencapai level tertinggi lima bulan pada hari Jumat, sementara paladium naik 0,3 % menjadi $ 895,22.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews