PT SOLID GOLD BERJANGKA – Emas Gagal Berada Diatas $ 1230 Sementara Wall Street Rebound; Emas Antam Turun ke Rp 685.000 per gram

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNGDi dalam negeri, harga emas ANTAM terpantau turun Rp 1.000 ke level harga Rp 685.000 per gramnya, dibandingkan harga pada Kamis kemarin di Rp686.000.

Harga emas dunia terpantau agak flat pada perdagangan Jumat siang di WIB tidak jauh dari level tiga bulan lebih tertingginya, dengan rebound kembali saham Amerika Serikat gagal merangsang bursa saham kawasan Asia, sementara logam mulia berada di jalur kenaikan mingguan yang keempat berturut-turut, track kenaikan mingguan terpanjangnya sejak Januari.

Spot emas mendatar saja pada level $ 1,231.71 per ons pada Jumat siang WIB. Pada Selasa lalu, sempat menyentuh level $ 1,239.68, posisi puncaknya sejak 17 Juli. Harga telah naik 0,4 % untuk minggu ini. Emas berjangka Amerika Serikat naik 0,1 % pada $ 1,233.70 per ounce.

Bursa saham Asia terpantau goyah pada perdagangan Jumat pagi dan siang, berjuang untuk melepaskan diri dari kekalahan pasar global hari sebelumnya, setelah rilis laporan keuangan yang lemah dari saham raksasa teknologi Alphabet Inc dan Amazon.com meningkatkan kekhawatiran pasar atas perdagangan dunia dan pertumbuhan ekonomi.

PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa spot emas dunia secara umum berada dalam rentang konsolidasi dengan bias positif pada hampir dua minggu terakhir, meninggalkan konsolidasi rendah sebelumnya serta menunjukkan rebound dari downtrend dari awal April lalu, sedangkan dollar tampak masih menanjak di pasar Asia. Harga emas, kalau terdongkrak ke atas akan menuju ke level resistant $ 1.239,34 dan level $ 1.265,45. Sedangkan, bila tertekan, akan menuju level support di $ 1.215,43 dan $ 1.180,32.

Emas, sekali lagi, gagal untuk menjaga momentum “bullish” diatas batas $ 1230 pada hari Kamis kemarin dan berbalik menjadi negatif pada sesi Amerika Utara dengan membaiknya sentimen pasar membuat metal berharga menemukan permintaannya. Emas sempat kehilangan $ 5 atau 0.4 % pada hari kemarin dan diperdagangkan disekitar $ 1229.

Harga emas sebagian besar mengabaikan data dari Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa klaim pengangguran mingguan naik menjadi 215.000 selama satu minggu sampai hari Sabtu.

Konsensus pasar memperkirakan kenaikan menjadi 214.000 dari level sebelum direvisi sebesar 210.000 yang dilaporkan pada minggu lalu.

Keuntungan yang kuat dialami oleh saham-saham Microsoft karena dukungan dari angka penghasilan kuartal ketiga yang bagus. Sektor tehnologi Amerika Serikat mengalami “rebound” dan membantu Indeks komposit Nasdaq menambah hampir 3 % selama setengah sesi pertama. Sebagai tambahan, Dow Jones Industrial Average naik 1.5 % dan indeks S & P 500 naik 1.7 %.

Emas berjangka Comex bulan Desember tidak terpengaruh oleh data yang keluar, sebagian besar mempertahankan keuntungan pada awal pagi kemarin dan saat ini diperdagangkan pada $ 1,230.

Apabila mengalami penurunan, maka harga emas akan berhadapan dengan garis “support” pertama di $ 1222 yang apabila tertembus akan bertemu dengan “support” berikut pada $ 1215. Sebaliknya apabila berhasil naik keatas $ 1230, maka akan bertemu dengan “resistan” pertama pada $1235 yang apabila tertembus akan menghadapi “resistan” berikutnya pada $ 1240.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Vibiznews