Rekomendasi Harga Emas 16 Juli 2020: Turun Meskipun Masih Bullish Secara Tehnikal – PT. Solid Gold Berjangka

PT. Solid Gold Berjangka Lampung – Dikutip dari Bloomberg, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump enggan meningkatkan tensi hubungan antara Amerika Serikat dan China yang sudah mendidih.

Trump diperkirakan tidak akan mengeluarkan sanksi lebih lanjut setelah dirinya menerbitkan peraturan yang memperbolehkan Amerika Serikat menindak para pejabat China yang dianggap menekan aksi demonstrasi di Hong Kong pada Rabu kemarin.

Harga emas turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat karena aksi ambil untung yang normal dari para trader jangka pendek setelah kenaikan yang tinggi belakangan ini. “ Bullish ” secara tehnikal terus mendorong naik pasar metal.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir turun $ 5.20 per ons pada $ 1,808.30. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp. 942.000 ,- per gram, naik Rp. 4000.

Sebelumnya, kilau emas diyakini belum akan pudar dalam waktu dekat seiring dengan situasi global yang masih dilanda ketidakpastian akibat pandemi Covid – 19.

Semakin memanasnya ketegangan antara Amerika Serikat – China setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menandatangani undang – undang yang akan menjatuhkan sanksi kepada China yang dianggap telah ikut campur tangan terhadap otonomi Hong Kong juga menjadi katalis positif emas.

Hal itu telah meningkatkan ketidakpastian pasar ketika dunia masih berusaha melawan pandemi Covid – 19 yang tidak kunjung usai.

Mengutip publikasi riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange ( ICDX ), sentimen harga emas masih tertuju pada pertambahan kasus Covid – 19 setiap harinya dan ditambah hubungan Amerika Serikat – China yang membuat kondisi pasar terlihat semakin mengkhawatirkan.

Kenaikan jumlah kasus yang signifikan setiap harinya semakin menurunkan ekspektasi perbaikan ekonomi dalam waktu cepat di sejumlah negara, sehingga membuat harga emas bergerak cukup kuat dalam beberapa perdagangan terakhir.

Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “ support ” terdekat di $ 1,800.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $ 1,791.10 dan kemudian $ 1,779.20. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “ resistance ” terdekat di $ 1,819.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $ 1,825.50 dan kemudian $ 1,850.00.
PT. Solid Gold Berjangka

Sumber : vibiznews & market.bisnis