Emas Mengarah Ke Puncak Selama 7 Tahun Dengan Investor Mencari Keamanan – PT. Solid Gold

PT. Solid Gold Lampung – Harga emas telah naik sekitar 3 % sejak Amerika Serikat menewaskan komandan militer top Iran pada hari Jumat yang telah menaikkan ketakutan akan konflik Timur Tengah yang lebih luas, memicu para investor untuk kabur dari asset beresiko. Pasar saham menyerahkan keuntungannya yang diperoleh pada tahun baru karena meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, sementara Yen yang “ safe – haven ” naik ke ketinggian tiga bulan terhadap dollar Amerika Serikat – membuat emas yang berdenominasi dollar menjadi lebih murah bagi para investor yang sedang memegang matauang negara lainnya.

Emas spot naik 1.6 % ke $ 1,576.42 per ons, menempatkan diri pada jalur untuk suatu lompatan terbesar sehari di dalam lebih dari empat bulan. Sebelumnya bahkan sempat menyentuh $ 1,579.72, level tertinggi sejak bulan April 2013. Emas berjangka Amerika Serikat mengalami keuntungan 1.7 % menjadi $ 1,578.70.

Harga emas mendekati ketinggian selama 7 tahun pada hari Senin kemarin dengan meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dengan Iran telah menarik permintaan “ safe – haven ”, sementara Palladium naik melewati level kunci $ 2000 menyentuh rekor puncak yang baru.
Apa yang terefleksi di pasar lebih banyak adalah antisipasi dari apa yang bisa atau akan terjadi antara Amerika Serikat dengan Iran. Pada dasarnya ketidakpastian dimana tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan terjadi.

Jika yang terjadi hanyalah di area politik yang hanya berupa tuduhan dan ancaman bolak – balik, maka ini tidak akan memiliki dampak yang berkelanjutan terhadap emas.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengancam Iran dengan “ serangan yang tidak proporsional ” jika Iran balas menyerang. Trump juga mengancam Irak dengan sanksi – sanksi, setelah parlemen dari negara yang tercabik dengan perang itu membebaskan undang – undang yang meminta keluarnya pasukan Amerika Serikat dari teritorinya. Pembunuhan terhadap Suleimani terjadi di bandara udara Baghdad dimana jendral tersebut dilaporkan sedang dalam perjalanannya untuk bertemu dengan Perdana Menteri Irak.

Mengikuti emas, perak naik 2 % ke $ 18.39 per ons, setelah sempat menyentuh ketinggian lebih dari tiga bulan di $ 18.50, sementara platinum naik 0.6 % menjadi $ 986.16.

“ Support ” terdekat berada di $ 1,562.30 yang apabila telah berhasil dilewati akan lanjut ke $ 1,556.50 dan kemudian $ 1,530.00. Sedangkan “ resistance ” terdekat berada pada $ 1,578.38 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $ 1,590.90 dan kemudian $ 1,600.00
PT. Solid Gold

Sumber : vibiznews