Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 18 Februari 2020 – PT. Solid Gold

PT. Solid Gold Lampung – Emas tidak bisa membuat pergerakan yang tajam baik naik atau turun pada perdagangan kemarin karena kondisi perdagangan yang tipis ditengah liburan hari Presiden di Amerika Serikat kemarin.Meskipun harga emas tidak bisa bergerak kemana – mana saat ini, koreksi di pasar saham yang disebabkan oleh karena penurunan ekspektasi pertumbuhan ekonomi global bisa menjadi katalisator bagi harga emas yang mendorong naik keluar dari rentang yang sempit saat ini.

Harga metal berharga kuning naik hampir $ 15 pada minggu lalu dengan para investor terus bereaksi terhadap berita – berita sehubungan dengan wabah virus corona. Dengan minggu yang baru dimulai dalam keadaan yang tenang, emas mengkonsolidasikan keuntungan minggu lalunya. Kemarin emas sempat turun ke $ 1,578.90 sebelum akhirnya naik lagi sedikit ke $ 1,581.40, turun 0.2 % pada hari kemarin.

Perdana Menteri Cina Li keqiang mengatakan di televisi negara bahwa mereka melihat tren yang positip, meskipun pada kenyataannya penyebaran virus corona tetap memburuk. Menteri keuangan Cina Liu Kun mengumumkan bahwa mereka berencana memangkas pajak untuk membantu pertempuran bisnis melawan dampak negatif dari merebaknya wabah virus corona terhadap aktifitas ekonomi.

Sekarang ini, virus corona telah membuat penularan ke 71.000 orang secara global, dengan kebanyakan kasus masih di Cina. Lebih dari 1.700 orang meninggal karena virus mematikan ini. Dampak yang penuh dari virus ini terhadap pertumbuhan ekonomi global masih belum diketahui. Sebelum FOMC mempublikasikan risalah dari pertemuan kebijakan moneternya pada hari Rabu besok, persepsi terhadap resiko kemungkinan akan terus mempengaruhi pergerakan pasangan matuang ini.

Harga emas mencatatkan kenaikan tahunan sekitar 18 persen pada 2019, menjadi kinerja terbaiknya sejak 2010. Ketegangan hubungan dagang antara Amerika Serikat dan China yang berlarut-larut pada tahun lalu menjadi faktor utama penguatan emas karena sentimen itu telah melukai minat investor terhadap aset berisiko.

Kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “ resistance ” terdekat di $ 1,586.94 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $ 1,591.26 dan kemudian $ 1,598.16. Sedangkan “ support ” terdekat menunggu di $ 1,575.72 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $ 1.568.82 dan kemudian $ 1,564.50.
PT. Solid Gold

Sumber : vibiznews