Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 3 Maret 2020 – PT. Solid Gold

PT. Solid Gold Lampung – Pasar saham global kebanyakan naik pada perdagangan semalam, mengalami “ rebound ” dari kejatuhan minggu lalu. Sementara wabah coronavirus terus mencengkeram pasar global dan masih menyebabkan kecemasan para investor dan trader, pasar pada hari Senin sedang fokus pada kemungkinan efek “ stimulatory ” dari bank sentral yang melonggarkan kebijakan moneter mereka pada hari – hari dan minggu-minggu depan. Gubernur Fed Jerome Powell berkata pada hari Jumat sore bahwa Federal Reserve siap bertindak jika kondisi menghendaki. Bank sentral lainnya juga baru saja membuat komentar yang senada. Indeks saham Amerika Serikat mengarah ke bercampur pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai setelah menyentuh kerendahan beberapa bulan semalam.

PMI Cina runtuh ke rekor kerendahan lebih buruk daripada krisis keuangan tahun 2008 dengan coronavirus melumpuhkan ekonomi. PMI Cina muncul di rekor kerendahan 35.7 pada bulan Februari versus 50.0 pada bulan Januari.

Emas naik tajam pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin kemarin, karena lompatan koreksi setelah kerugian tajam yang terjadi pada minggu lalu. Metal berharga mengalami “ bargain hunting ” dan permintaan “ safe – haven ”. Masih banyak keengganan terhadap resiko dipasar dengan ketakutan coronavirus terus berlanjut. Emas berjangka bulan April terakhir naik $ 27.30 per ons pada $ 1,594.00. Sementara emas Antam naik Rp. 4.000,- ke Rp. 810.000,- per gram.

Hal kunci di luar pasar metal berharga adalah naiknya harga minyak mentah Nymex setelah menyentuh kerendahan selama 14 bulan dan diperdagangkan disekitar $ 45.50 per barel dan indeks dollar Amerika Serikat diperdagangkan turun solid lagi dan menyentuh kerendahan selama empat bulan.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “ resistance ” yang solid di $ 1,691.70 setelah terlebih dahulu berhasil menembus $ 1,612.10 dan kemudian $ 1,619.60. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “ support ” yang solid di $ 1,564.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $ 1,580.00 dan $ 1,576.30.
PT. Solid Gold

Sumber : vibiznews