Solid Gold SMG – Emas turun lebih rendah pada hari Senin pasca naik selama dua pekan berturut-turut, dengan data ekonomi AS yang kuat mengurangi kekhawatiran atas perlambatan ekonomi global, mendukung penguatan ekuitas dan redupnya daya tarik emas sebagai aset safe haven.

Spot emas sempat turun sebesar 0,2 persen ke level $1,235.20 per ons pukul 07:30 pagi, tergelincir untuk sesi ketiga. Logam ini telah naik hampir 4 persen dalam dua pekan terakhir dan mencapai level satu bulan tertinggi di level $1,249.30 pada hari Rabu.

Pasar ekuitas dunia rally pada hari Jumat kemarin, dengan saham Eropa melonjak tajam dalam lebih dari dua tahun terakhir, karena investor beralih kembali ke pasar ekuitas terkait pendapatan perusahaan AS yang solid dan sentimen konsumen naik.

Indeks S&P 500 juga menguat pada hari Jumat, tetapi membukukan penurunan mingguan keempat berturut-turut, terpanjang dalam lebih dari tiga tahun terakhir, karena kekhawatiran tentang melambatnya ekonomi global, krisis utang Eropa bangkit kembali dan virus Ebola yang memicu penurunan.

Sumber: Reuters