SOLID GOLD BERJANGKA –¬†Untuk menghadapi masa pensiun (dimana banyak orang umumnya sudah tidak aktif atau tidak berpenghasilan lebih besar dari biasanya), diperlukan planning investasi pensiun yang baik dan sudah digarap sejak muda, sehingga tidak menimbulkan kepanikan saat masa pensiun akhirnya datang. Jika Anda ingin masa pensiun dihabiskan dengan tenang tanpa memikirkan aspek finansial, ada baiknya Anda mulai berpikir untuk melakukan investasi yang lebih agresif untuk mendapatkan dana pensiun besar.

Harus diingat bahwa saat pensiun, kebutuhan Anda tak berhenti. Biaya makan, listrik, air, telepon dan kesehatan masih dibutuhkan kendati Anda sudah tidak berpenghasilan. Sayangnya, banyak orang yang tidak memikirkan pentingnya hal ini sehingga memulai planning investasi dana pensiun di saat-saat terakhir. Padahal, semakin muda Anda merencanakan dana pensiun, semakin mudah masa pensiun Anda nanti.

 

Reksadana sebagai Investasi Pensiun

Reksadana merupakan salah satu jenis investasi agresif yang kerap ditawarkan sebagai planning investasi masa pensiun. Walaupun termasuk investasi beresiko tinggi, reksadana menawarkan hasil keuntungan investasi yang lebih besar. Hal ini sangat penting mengingat tabungan dan deposito biasany kerap tidak bisa mengikuti arus inflasi sehingga hasil akhirnya biasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masa pensiun.

Reksadana berarti menyebar uang investasi Anda pada berbagai instrument investasi sekaligus. Tergantung jenisnya, planning reksadana bisa menyumbang penghasilan antara 8 hingga 25 persen per tahun, yang tentu sangat besar dibandingkan tabungan dan deposito. Reksadana bisa berupa saham, reksadana campuran, surat utang negara dan pasar uang, dimana pasar uang adalah yang resikonya paling rendah sementara saham yang paling tinggi.

 

Keuntungan dan Kerugian Reksadana

Planning investasi masa pensiun dengan reksadana sudah jelas memberikan keuntungan yang besar, terutama karena Anda tidak mengelolanya sendiri melainkan menggunakan jasa manajer investasi reksadana yang ada di bank kustodian, yang mengelola investasi reksadana Anda. Berikut adalah beberapa keuntungan reksadana:

  • Return (pengembalian) hasil investasi per tahun sangat besar, dimana bunganya bisa mencapai 8, 12 hingga 25 persen. Hal ini tentu lebih baik daripada berinvestasi di bank atau deposito.
  • Jumlah minimal investasi reksadana biasanya tidak besar, hanya sekitar 100 ribu rupiah, sehingga siapa saja bisa ikut berinvestasi di sini.
  • Dalam reksadana, Anda bisa membuat perencanaan berdasarkan rencana pensiun. Perencanaan keuangan ini membuat Anda lebih mudah mengatur alokasi dana untuk investasi pensiun dan kebutuhan lainnya.
  • Dana reksadana bisa ditarik kapan saja saat kondisi pasar menyebabkan return reksadana Anda juga meningkat. Anda bisa mengonsultasikan hal ini dengan manajer investasi yang terpercaya.

Akan tetapi, planning investasi yang beresiko tinggi tentu juga memiliki kerugian. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan dari reksadana untuk persiapan pensiun:

  • Investasi Anda tergantung pengelolaannya pada manajer investasi reksadana, jadi ada sedikit kecemasan dan kesuksesan Anda pun bergantung pada hasil pengelolaan si manajer.
  • Jika keliru memilih waktu untuk mencairkan reksadana, hasil yang Anda peroleh tidak akan sebesar perkiraan Anda dan malah menurun.
  • Investasi reksadana cukup beresiko terutama yang saham. Anda harus benar-benar belajar tentang seluk-beluk investasi untuk mencegah kerugian.

Agar aktifitas dan planning investasi reksadana Anda aman, pilihlah bank dan manajer investasi yang jujur serta bereputasi baik. Anda bisa mengecek ke Bappepam untuk mengetahui identitas, keabsahan serta reputasi lembaga pengelola investasi reksadana agar aman. Dengan planning yang baik sejak muda ditambah memilih pengelola reksadana unggulan, Anda pun tak perlu cemas lagi soal investasi masa pensiun.