PT.SolidGoldSemarang~Saham AS naik dalam 30 menit terakhir perdagangan, mengakhiri sesi volatile lebih tinggi ditengah gain di saham konsumen dan saham teknologi membayangi keprihatinan atas China serta gejolak pada sektor komoditas. Tresuri turun.

Indeks Standard and Poor 500 berakhir Senin naik 0,1% setelah turun dua poin dari 1.900 tingkat awal sesi. Indeks Russell 2000 perusahaan kecil turun 0,4%, setelah anjlok ke tingkat yang ditandai bear market. Gain saham AS datang setelah penurunan di Eropa dan Asia tengah kemerosotan lebih dari 5% di China Shanghai Composite. Penghindaran risiko dipertahankan pada pasar mata uang, dengan rand Afrika Selatan jatuh ke rekor terendah minyak memperpanjang penurunannya, serta penurunan pada tembaga.

S & P 500 ditutup pada 1,923.67 pada 04:00 sore di New York, indeks tersebut membukukan rekor penurunan selama lima hari untuk memulai tahun di tengah aksi jual di seluruh dunia yang dipicu oleh kekhawatiran bahwa perlambatan China lebih buruk daripada yang diantisipasi. Bahkan data yang menunjukkan ketahanan dalam pasar tenaga kerja AS tidak bisa menghentikan penurunan pada hari Jumat.

Freeport-McMoRan Inc merosot 20% ke level terendah dalam 15 tahun, sementara produsen energi anjlok 2,1%. Saham-kesehatan juga turun, dengan perusahaan-perusahaan bioteknologi memimpin penurunan. Saham Alcoa naik 1,4 persen dalam perdagangan diperpanjang.

JPMorgan Chase & Co, Intel Corp dan Citigroup Inc adalah di antara 11 perusahaan dijadwalkan untuk mengirim laba kuartalan pekan ini. Analis memperkirakan keuntungan bagi anggota S & P 500 turun 6,7% di kuartal terakhir.

Setelah seharian berfluktuasi, saham Eropa ditutup pada level terendah sejak September. Indeks Stoxx Europe 600 menghapus gain dalam jam terakhir perdagangan, jatuh 0,3% karena produsen komoditas memabalikan kenaikan. Indeks MSCI Asia Pasifik kecuali Jepang Indeks turun 1,9%, dengan pasar di Tokyo ditutup untuk liburan.(yds)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer