PT.SolidGoldSemarang~Saham AS jatuh, dengan penurunan yang cepat di jam terakhir perdagangan setelah minyak mentah memperpanjang aksi jual, seiring ekuitas kehilangan momentum dalam mengikuti kenaikan mingguan pertama mereka tahun ini.

Indeks Standard & Poor 500 turun 1,6 persen menjadi 1,877.34 pada 04:00 sore di New York, menghapus tiga perempat dari reli Jumat yang menunjukkan catatan kenaikan terbaik back-to-back dalam tiga bulan terakhir. Saham energi di indeks acuan mengalami penurunan terbesar sejak Agustus.

Ekuitas berada di jalur untuk bulan Januari terburuk mereka sejak 2009 di tengah kekhawatiran bahwa perlambatan China akan membebani pertumbuhan global, dengan anjloknya harga minyak yang memperburuk kekhawatiran mereka. Indeks S & P 500 merosot ke 21 bulan terburuknya minggu lalu, dan indeks tersebut turun 8,2 persen bulan ini.

Saham mengalami kenaikan minggu lalu, dengan saham energi yang dibantu oleh rebound pada minyak mentah, pada spekulasi bahwa bank sentral di seluruh dunia akan bertindak untuk mendukung ekonomi global, bahkan ketika The Fed memperketat kebijakan. Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan bahwa ECB hari ini harus memenuhi mandat inflasi dalam rangka mempertahankan kredibilitasnya. Dengan merosot harga minyak sehingga membebani harga konsumen yang sudah dekat dengan stagnan, Draghi sedang mencoba untuk meyakinkan investor bahwa bank sentral tetap bersedia untuk bertindak jika diperlukan.(mrv)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer