PT.SolidGoldSemarang~Saham Asia mencatatkan kenaikan pasca ekuitas AS naik ke rekornya terkait optimisme pada ekonomi terbesar dunia tersebut dan karena mata uang yen mendekati level 120 per dolar, merupakan level tertinggi sejak Juli 2007 silam

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3 persen ke level 140,13 pukul 09:01 pagi di Tokyo, jelang bursa di Hong Kong dan China dibuka. Sementara Indeks Topix Jepang menguat 0,9 persen karena mata uang yen diperdagangkan di level 119.90 per dolar setelah melemah 1,2 persen selama dua hari terakhir.

Kemarin sebuah laporan swasta menunjukkan jumlah pekerja di AS sebanyak 200.000 pekerja untuk ketujuh kalinya dalam delapan bulan terakhir menurut data payrolls pemerintah besok, sementara Federal Reserve Beige Book menunjukkan tingginya perekrutan. Industri jasa di AS meningkat pada bulan lalu di laju kedua tercepat lebih dari sembilan bulan terakhir.

Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,4 persen. Sementara Indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,7 persen. Sedangkan Index NZX 50 Selandia Baru naik 0,1 persen.

Kontrak pada indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,4 persen pada sesi perdagangan terbaru mereka, sementara Indeks Hang Seng China Enterprises naik 0,8 persen. Sementara nilai saham yang diperdagangkan di Shanghai kemarin meningkat ke rekor tertinggi sebesar 529.4 miliar yuan ($ 86.1 miliar), lebih dari dua kali lipat RSI 30-hari, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Departemen Tenaga Kerja merilis data pekerjaan besok. Sementara laporan pemerintah dapat menunjukkan perusahaan menambah sebanyak 230.000 nonfarm payrolls pada bulan November, sedangkan tingkat pengangguran bertahan di angka sebesar 5,8 persen, menurut konsensus perkiraan para ekonom. Bank Sentral Eropa (ECB) akan mengulas tingkat suku bunga hari ini di tengah spekulasi pembuat kebijakan akan meningkatkan stimulus langkah-langkah untuk mencegah deflasi. (vck)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer